Diusung tiga partai, petahana gubernur Riau daftar ke KPU

Rabu, 10 Januari 2018 20:20 Reporter : Abdullah Sani
Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno mendaftar ke KPU Riau. ©2018 Merdeka.com/abdullah sani

Merdeka.com - Di hari terakhir, pasangan Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau sebagai peserta calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Rabu (10/1). Keduanya diusung dan didukung 3 partai, yakni Golkar, PDIP dan Hanura.

Saat proses pendaftaran berlangsung, kedua calon mendahuluinya dengan pembacaan akad pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur seperti yang dilakukan paslon lain sebelumnya. Hal ini seperti prosedur yang ditentukan KPU Riau.

Dokumen pendaftaran berupa persyaratan dan lainnya langsung diterima Ketua KPU Riau Nurhamin untuk dilakukan pemeriksaan seluruh kelengkapan persyaratan.

"Alhamdulillah, KPU menyatakan dokumen yang kami antarkan lengkap," ujar Arsyadjuliandi Rahman usai pendaftaran.

Arsyadjuliandi Rachman yang kini menjabat Gubernur Riau maju sebagai petahana didampingi Suyatno (Bupati Rokan Hilir), mereka mengucapkan rasa terima kaihnya atas dukungan tiga partai pendukung.

"Ini baru awal kita berjuang untuk seterusnya. Terima kasih kepada semuanya, ayo berjuang bersama-sama," kata Andi, sapaan akrabnya.

Menurut Andi, partai koalisi yang mengusungnya sangat solid untuk memenangkan mereka. Selain itu, strategi kemenangan juga sudah diatur oleh tim baik melalui partai pendukung maupun simpatisan.

"Partai Golkar solid untuk memenangkan, begitu juga partai koalisi. Doa yang kami harapkan untuk masyarakat Riau, agar kami dapat mengemban amanah," ucap Andi.

Sementara itu, Ketua KPU Riau Nurhamin mengatakan, berkas dan dokumen yang diantarkan kedua pasangan yang menggunakan slogan 'Ayo Lanjutkan' ini lengkap sesuai persyaratan.

"Tidak ada masalah, persyaratan lengkap dan dapat diterima. Selanjutnya pada 12 Februari penetapan pasangan calon. Lalu pada 13 Februari, akan dilakukan pengundian nomor," kata Nurhamin.

Sebelumnya, pasangan calon Syamsuar-Brigjen Edy Natar Nasution mendaftar pertama ke KPU Riau pada Senin (8/1) lalu. Mereka diusung Partai NasDem, PKS dan PAN. Syamsuar merupakan Bupati Siak memasuki priode kedua, sedangkan Brigjen Edy Natar adalah Komandan Korem (Danrem) Wira Bima 031 Riau.

Hari berikutnya, pasangan Firdaus dan Rusli Efendi juga mendaftar. Mereka diusung Partai Demokrat dan PPP. Firdaus merupakan Wali Kota Pekanbaru periode kedua, sedangkan Rusli adalah ketua DPP PPP.

Tersisa pasangan Lukman Edy dan Hardianto yang akan menyusul pendaftaran malam ini. Mereka diusung Partai Gerindra dan PKB. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Pilgub Riau
  2. Pilkada Serentak
  3. Pekanbaru
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini