BPN Buka Posko Pengaduan Temuan Dugaan Kecurangan Pilpres 2019

Kamis, 25 April 2019 20:49 Reporter : Aksara Bebey
BPN Buka Posko Pengaduan Temuan Dugaan Kecurangan Pilpres 2019 Ilustrasi Pemilu. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Kubu Prabowo-Sandiaga Uno membuka posko khusus untuk pengaduan yang berhubungan dengan dugaan kecurangan maupun pelanggaran dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Nantinya, laporan masyarakat yang masuk akan ditindaklanjuti setelah melewati proses verifikasi.

Tim Direktorat Advokasi Badan Pemenangan Nasiona (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, Dolfie Rompas mengatakan, posko ini dibuka untuk mengakomodir masyarakat yang memiliki informasi kecurangan. Syaratnya, laporan harus disertai oleh bukti-bukti.

Sejauh ini, pihaknya sudah menerima 10 informasi mengenai dugaan surat suara tercoblos hingga kesalahan input data.

"Laporan (yang masuk) ada 10. Masih diverifikasi. Kita tidak langsung diadukan atau dilaporkan (ke Bawaslu). Harus kita verifikasi dulu kebenarannya," ujar Dolfie usai pembukaan posko di kantor DPD Gerindra Jabar, Jalan PHH Mustofa, Kota Bandung, Kamis (25/4).

Dia menjelaskan, proses verifikasi adalah bentuk kehati-hatian agar tidak terjebak berita bohong. Pengujian aduan berlaku bagi semua pelapor, baik itu dari masyarakat maupun tim relawan.

"Kalau buktinya cukup, intinya valid, baru dilaporkan," ujarnya.

Posko serupa juga ada di provinsi lainnya di Indonesia. Khusus untuk Jabar, pengaduan juga bisa dilakukan melalu aplikasi Whatsapp dengan nomor 081223036936. [fik]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini