Besok, Megawati Umumkan Struktur DPP PDIP 2019-2024

Jumat, 9 Agustus 2019 20:07 Reporter : Ahda Bayhaqi
Besok, Megawati Umumkan Struktur DPP PDIP 2019-2024 Kongres V PDIP. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri telah merampungkan susunan struktur DPP periode 2019-2024. Keputusan sudah diambil dalam sidang paripurna Kongres V PDI Perjuangan, Jumat (9/8).

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Komisi Tata Kelola Partai Kongres, Abdullah Azwar Anas. Bupati Banyuwangi itu menyebut susunan struktur itu kini telah berada di tangan Hasto Kristiyanto, sekretaris jenderal demisioner.

"Sudah, di Sekjen," katanya singkat usai sidang paripurna.

Sebelumnya, Megawati Soekarnoputri tetap ditetapkan sebagai ketua umum. Kongres memberikan mandat formatur tunggal untuk menyusun struktur DPP.

Pengurus DPP akan dilantik dan ambil sumpah jabatan oleh ketua umum dalam hari terakhir Kongres pada Sabtu (10/8) besok.

"Jadi besok tentu ibu ketum sesuai mandat kongres sudah selesai menyusun struktur dan personalia DPP partai untuk periode lima tahun ke depan," ujar Ketua Pelaksana Kongres V PDIP Wayan Koster.

Sidang paripurna sudah mengesahkan keputusan lima komisi. Komisi satu terkait ideologi dan Trisakti Bung Karno dijadikan pedoman dalam program lima tahun ke depan.

Komisi dua mengesahkan kebijakan politik, legislasi anggaran dan pengawasan. Komisi ketiga tentang kebudayaan. Komisi keempat terkait pemenangan elektoral dalam Pilkada 2020 dan Pemilu 2024. Komisi lima mengenai tata kelola partai.

Selain itu telah diputuskan penajaman program partai. PDIP memutuskan mengembangkan dana abadi partai diatur oleh ketua umum bersama pengurus DPP.

Kongres juga menyempurnakan AD/ART. Diputuskan untuk disinkronkan dengan pengurus DPP terpilih. Serta, sikap politik partai akan diumumkan ke ketua umum dan DPP.

Kongres menyisakan satu agenda paripurna yaitu penyerahan keputusan Kongres V dan palu pimpinan kongres ke ketua umum terpilih, Megawati Soekarnoputri. [fik]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini