Bertemu Prabowo, Airlangga Bahas Pilkada 2020 & Jaga Stabilitas Politik Saat Pandemi

Senin, 6 Juli 2020 19:26 Reporter : Ahda Bayhaqi
Bertemu Prabowo, Airlangga Bahas Pilkada 2020 & Jaga Stabilitas Politik Saat Pandemi airlangga bertemu prabowo. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bertamu ke kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara No.4, Jakarta Selatan. Airlangga dan Prabowo melakukan pertemuan kurang lebih satu jam.

Airlangga mengatakan, pertemuan ini merupakan balasan dari kunjungan Prabowo dan Gerindra ke Partai Golkar sebelumnya. Dia bilang pertemuan kali ini dalam suasana akrab sebagai partai pendukung pemerintah.

"Kunjungan ini adalah kunjungan balasan dari Pak Prabowo yang hadir ke Partai Golkar. Dan kami sangat berbahagia karena bisa hadir ke rumah pak Prabowo dalam suasana yang sangat akrab karena Partai Golkar dan Gerindra sama-sama di pemerintah sama-sama di Kabinet Indonesia Maju," ujar Airlangga usai pertemuan, Senin (6/7).

Airlangga juga bilang, silaturahmi politik ini penting dilakukan demi menjaga stabilitas politik. Apalagi dalam situasi pandemi Covid-19.

"Tentunya dalam situasi pandemi Covid menjadi penting stabilitas politik dan stabilitas politik akan semakin baik dengan silaturahmi," ujarnya.

Dia meyakini, pertemuan hari ini bakal membuat makin solid pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Sehingga silaturahmi ini makin membuat solid pemerintah dan dalam pembicaraan tadi bicara banyak dalam silaturahmi bertukar pikiran hal2 yang strategis termasuk kita bicara geopolitik," ujar Airlangga.

Sedangkan, Airlangga maupun Prabowo tidak menjawab ketika ditanyakan mengenai isu reshuffle kabinet yang belakangan ramai. Dua menteri Jokowi ini tak menggubris pertanyaan mengenai reshuffle dan langsung meninggalkan area konferensi pers.

1 dari 1 halaman

Koalisi Pilkada

Salah satu topik penting yang dibahas adalah rencana kerjasama di Pilkada 2020. Airlangga mengatakan, Golkar dan Gerindra memiliki kesamaan di Pilkada. Meski, diakui juga ada beberapa hal posisi Golkar dan Gerindra berbeda.

"Tadi disampaikan ada banyak persamaan dalam pilkada dan ada juga yang berbeda tadi menggarisbawahi apa yang disampaikan bapak prabowo bahwa perbedaan dalam pilkada itu normal dan wajar-wajar saja," kata Airlangga.

"Jadi lebih banyak persamaan dibanding perbedaan dan ini akan terus dijaga dan kami akan komunikasi secara periodik," ujarnya.

Meski demikian, Airlangga maupun Prabowo tidak mengungkap di pilkada mana saja kedua partai ini akan bekerja sama. Prabowo juga mengatakan hal normatif mengenai kerjasama dengan Golkar di Pilkada 2020.

"Di beberapa tempat kita cocok di beberapa tempat kita setuju itu berbeda, tidak masalah ini demokrasi Indonesia yang penuh kekeluargaan persaingan perbedaan," kata Prabowo. [bal]

Baca juga:
Rekomendasi Rahayu Saraswati Maju Pilkada Tangsel Masih Tertahan di Prabowo
Prabowo Usai Bertemu Airlangga: Kita Ingin Semangatnya Demokrasi, Tapi Sejuk
Airlangga Bertemu Prabowo Sore Ini
Jokowi Ancam Reshuffle, Gerindra Klaim Menhan dan Menteri KKP Kerja Maksimal
Gerindra Minta KPU Patuhi MK, Tolak Pengguna Narkoba Maju Pilkada

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini