Analisis Pengamat soal Kode Jokowi Pemimpin Rambut Putih: 100 Persen Ganjar

Sabtu, 26 November 2022 14:06 Reporter : Ronald
Analisis Pengamat soal Kode Jokowi Pemimpin Rambut Putih: 100 Persen Ganjar Ganjar dan Jokowi. ©2013 Merdeka.com/parwito

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo menyinggung ciri-ciri pemimpin yang baik di depan para relawan yag berkumpul di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat. Salah satu cirinya adalah memiliki rambut warna putih.

Salah satu tokoh yang dijagokan maju dalam Pilpres 2024 sebagai calon presiden adalah Ganjar Pranowo. Ganjar identik dengan rambut putih. Apakah Jokowi memberi kode itu agar relawan mendukung Ganjar Pranowo?

Pengamat politik Adi Prayitno menegaskan, secara tersirat yang disampaikan Jokowi semakin menunjukkan kode dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"100 persen mengendorse Ganjar Pranowo, enggak bisa dibantah itu," katanya kepada merdeka.com, Sabtu (26/11).

Dia melihat kedekatan Jokowi dan Ganjar sudah terjalin sejak lama. Jokowi juga memiliki kedekatan dengan tokoh lainnya. Namun, Jokowi merasakan yang lebih dalam dengan Ganjar.

"Bahwa Jokowi dekat sama yang lain iya, tapi bahwa perasaan suasana dan hati Jokowi memang Ganjar siapa lagi," tegasnya.

Menurutnya, bukan kali ini saja Jokowi memberi kode kepada relawannya untuk mendukung Ganjar.

"Kan memang sejak awal sebelum dukung Prabowo dukung Ganjar duluan di acara Projo yang pertama kali di Jawa, ini kali kedua Jokowi ngomong didepan relawannya itu memang mengendorse Ganjar," sambungnya.

Adi melihat ada dua alasan Jokowi mendukung Ganjar. Pertama, sesama kader PDIP dan kedua melanjutkan kemenangan partai.

Jokowi juga diketahui memberikan kode kepada Prabowo Subianto saat HUT Perindo. Jokowi memberikan sinyal ke Prabowo untuk meneruskan kepemimpinannya. Menurut Adi, dukungan itu tidak hanya diberikan kepada Prabowo semata.

"Artinya semua orang di lingkaran kekuasaan Jokowi itu dia dukung tetapi kalau dilihat persentasenya seberapa besar tingkat dukungan pak presiden kalau di ranking memang lebih besar lebih prioritas ke Ganjar," ujarnya.

Menurutnya, sebagai Kepala Negara, Jokowi pasti mendukung semua orang-orang yang ada di sekitar untuk bertanding. Namun Jokowi juga pasti melihat sosok yang dinilai mampu dan berprestasi.

"Kalau dilihat dari presentasinya tentu tidak bisa dipungkiri lebih condong ke Ganjar karena itu tadi dia sama-sama PDIP, relawan Jokowi banyak ke Ganjar juga," kata Adi.

Dihubungi terpisah, Bendahara Projo, Panel Barus menganggap kode yang diberikan Jokowi di GBK adalah hal yang biasa. Sebab katanya, kode selalu diberikan kepada siapapun.

"Pak Jokowi kalau saya lihat suka memberikan kode ke beberapa, kadang kodenya ke Airlangga, kadang kodenya ke Prabowo, kadang-kadang kodenya ke Pak Ganjar, kayaknya dibagi rata sama dia nih," ujarnya kepada merdeka.com.

"Hari ini kayaknya jatuhnya Pak Ganjar dikasih kode, bisa jadi (besok atau lusa) ke Pak Prabowo lagi atau ke Pak Airlangga," sambung Barus.

Baca juga:
Setuju Jokowi, PPP Sebut Ciri Pemimpin Pikirkan Rakyat Rambutnya Putih
Hadiri Rapimwil PPP, Ganjar Disambut Teriakan 'Presiden Rambut Putih'
Sekjen PDIP Sesalkan Mobilisasi Relawan di GBK: Ring Satu Presiden Jokowi Jangan ABS

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini