Usai Diperiksa Bareskrim, Ivan Gunawan Kembalikan Uang Kontrak 3 Bulan dari DNA Pro

Kamis, 14 April 2022 20:07 Reporter : Nur Habibie
Usai Diperiksa Bareskrim, Ivan Gunawan Kembalikan Uang Kontrak 3 Bulan dari DNA Pro Ivan Gunawan jalani pemeriksaan kasus DNA Pro. ©2022 Merdeka.com/Liputan6.com

Merdeka.com - Publik figur Ivan Gunawan merampungkan pemeriksaan sebagai saksi terkait kasus penipuan investasi trading robot DNA Pro di Bareskrim Polri. Ivan mengaku dicecar 20 pertanyaan oleh penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dit Tipideksus) Bareskrim Polri terkait investasi trading robot DNA Pro.

"Jadi saya sudah melakukan dan menjawab kurang lebih sekitar 20 pertanyaan. Sudah saya jawab dengan sangat koperatif," kata Igun kepada wartawan, Kamis (14/4).

Ivan mengaku didampingi kuasa hukum Sandy Arifin, saat menjalani pemeriksaan. Kepada penyidik, Ivan mengatakan bahwa hubungan dengan trading robot DNA Pro hanya sebagai brand ambassador yang dikontrak selama tiga bulan untuk mengunggah di akun Instagram miliknya.

"Jadi hubungan saya adalah pure hubungan profesional antara artis dan DNA Pro, kurang lebih seperti itu ya. Jadi teman-teman bisa pahami, saya menceritakan semuanya dari awal saya bertemu sampai akhirnya saya dikontrak sampai materi-materi apa yang saya sampaikam di IG saya semuanya sudah komplit," ujar Ivan.

2 dari 3 halaman

Ivan Gunawan Mengaku Dikontrak DNA Pro 3 Bulan

Selain hubungan profesional pekerjaan, Ivan mengaku telah menyerahkan uang diterimanya dari trading robot DNA Pro selama kontrak tiga bulan kepada penyidik. Namun Ivan tak menyebut nominal uang kontrak diberikan kepada penyidik tersebut.

"Dan pada kesempatan hari ini juga dengan niatan saya dan itikad baik saya, karena saya rasa rezeki yang Allah titipkan kepada saya itu bukan atau belum menjadi milik saya. Jadi total kontrak yang diberikan DNA Pro kepada saya hari ini saya kembalikan," ujar Ivan.

Ivan menerangkan, sebagai warga negara Indonesia yang yang taat hukum. Apalagi, melihat kerugian yang ditanggung oleh para korban. Ivan akhirnya berinsiatif mengembalikan uang yang sempat diberikan kepadanya.

"Sebelum saya dipanggil Bareskrim sudah kepikiran kapan tahu saya datang saja deh tanpa harus dipanggil," kata Ivan.

Ivan sendiri mengaku memetik pelajaran berharga pada kasus ini. Ia mengatakan, akan berhati-hati dalam menjalin kerjasama dengan pihak manapun.

"Satu pelajaran besar yang saya bisa ambil betapa pentingnya kita tahu dan tidak mudah percaya yang mau pakai kita sebagai endorse atau model iklan," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Sejumlah Publik Figur Bakal Diperiksa Polisi

Sebelumnya, Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menjadwalkan pemeriksaan perancang busana Ivan Gunawan sebagai saksi perkara dugaan penipuan investasi aplikasi robot trading DNA Pro.

Selain Ivan Gunawan, penyidik juga meminta keterangan sejumlah publik figur lain yang diduga ikut mempromosikan DNA Pro, yakni Rizky Billar dan Lesti Kejora, serta DJ Una.

Permintaan keterangan terhadap Rizky Billar dijadwalkan Rabu (20/4), sedangkan DJ Una dijadwalkan Kamis (21//4) mendatang.

Dalam perkara ini penyidik menetapkan 12 orang sebagai tersangka, yakni inisial YS, RU, RS, RK, FR, AB, ZII, JG, ST, FE, AS dan DV. Dari 12 tersangka, sebanyak 6 orang sudah ditangkap terlebih dahulu pada Kamis (7/4), yakni RS, R, Y dan Frangky (F). Sedangkan dua tersangka lainnya, yakni Jerry Gunanda (JG) selaku pendiri (founder) Tim Octopus dan Stefanus Richard (SR) selaku mitra pendiri (co-founder) Tim Octopus ditangkap pada Jumat (8/4).

Para tersangka dijerat dengan Pasal 106 juchto Pasal 24 dan atau Pasal 105 juchto Pasal 9 Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2014 tentang perdagangan dan atau Pasal 3, Pasal 5 juchto Pasal 10 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pemberantasan dan Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Kasus penipuan investasi ini telah bergulir sejak korban melaporkan ke Bareskrim Polri pada tanggal 28 Maret 2022. Sebanyak 122 korban melapor dengan kerugian hingga Rp17 miliar.

Reporter: Ady Anugrahadi [gil]

Baca juga:
Ivan Gunawan Penuhi Panggilan Polisi atas Kasus DNA Pro: Nanti Saya Ceritakan
Uang Sekoper dari Bos DNA Pro buat Rizky Billar-Lesti untuk Kepentingan Konten
Bareskrim Jadwalkan Pemeriksaan Selebritis Ivan Gunawan Hari Ini Pukul 10 Pagi
Bareskrim Minta Keterangan Ivan Gunawan atas Kasus Penipuan Investasi DNA Pro
DJ Una Klaim Bukan Affiliator DNA Pro Melainkan Korban
Pembelaan DJ Una Soal Dugaan Sempat Promosikan DNA Pro

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini