Rumah Sakit Menyerah, Petugas Damkar Mampu Lepas Cincin dari Alat Vital Warga Cilacap

Kamis, 30 Juni 2022 04:00 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Rumah Sakit Menyerah, Petugas Damkar Mampu Lepas Cincin dari Alat Vital Warga Cilacap Ilustrasi petugas damkar. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Seorang pria di Kabupaten Cilacap harus menahan sakit setelah kemaluannya membengkak karena ada cincin yang menyangkut di alat vitalnya selama empat hari. Benda itu akhirnya bisa dilepaskan dengan bantuan petugas pemadam kebakaran (damkar).

Petugas Damkar Wanareja, Kabupaten Cilacap, butuh waktu satu jam untuk melepas cincin dua lapis yang menyangkut di alat vital RS (30), warga Saung Luhur, Limbangan,Kecamatan Wanareja. Operasi penyelamatan itu berlangsung dramatis dan menggunakan gerinda.

"Kondisinya alat kelamin keadaan lecet, bengkak karena sudah empat hari cincin itu bersarang pangkal alat vital. Diduga itu darah yang mengalir terhambat hingga korban susah untuk jalan," kata anggota Damkar Wanareja Kabupaten Cilacap, Slamet saat dikonfirmasi, Rabu (29/6).

2 dari 3 halaman

Keluarga Minta Bantuan Damkar

Dia mengatakan, RS mengaku sudah ke RSUD Majenang. Tetapi pihak rumah sakit itu menyatakan tidak sanggup menangani dan merekomendasikannya untuk pergi ke rumah sakit lain yang peralatannya lebih lengkap.

Karena keluarga tidak tega melihat korban kesakitan, mereka akhirnya melapor ke posko Damkar Wanareja, Selasa (28/6).

"Adik korban meminta bantuan ke petugas Damkar. Petugas langsung menuju lokasi rumah korban lakukan evakuasi," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Cincin Dipotong dengan Hati-Hati

Sesampainya di lokasi petugas damkar berusaha mengarahkan korban duduk di kursi. Petugas yang sudah menyiapkan alat berhati-hati saat memotong cincin menggunakan alat gerinda modern.

"Kita gerinda pelan-pelan, lambat laun balutan cincin lepas. Jadi ketika korban merasa sakit mungkin kepanasan kita berhenti dulu berkali-kali. Alhamdulilah sejam kita bisa atasi," jelasnya.

Setelah cincin terlepas dari alat vital korban, pihak Damkar menyarankannya untuk meminum obat yang diberi pihak RSUD Wanareja. "Kami minta korban minum obat pereda nyeri yang diberikan dokter rumah sakit," pungkasnya. [yan]

Baca juga:
Petugas Damkar Serba Bisa, Evakuasi Gigi Palsu hingga Lepas Cincin di Kelamin
Melihat Pelatihan Penanggulangan Kebakaran di Lingkungan Kejaksaan Agung
Detik-Detik Petugas Damkar Lepas Ring Besi di Kelamin Warga Pakai Gerinda
Ring Besi Sangkut di Alat Vital Pria Tangerang, Tim Damkar Terpaksa Gunakan Gerinda
Tujuh Hektare Lahan Gambut di Nagan Raya Terbakar
Bus Kebakaran Saat Parkir, Meski Rugi Jawaban Owner PO Haryanto Bijak Banget

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini