Roy Suryo Ajukan Penangguhan Penahanan, Pelapor Minta Polisi Tolak

Senin, 8 Agustus 2022 20:11 Reporter : Merdeka
Roy Suryo Ajukan Penangguhan Penahanan, Pelapor Minta Polisi Tolak Roy Suryo ditahan Polda Metro Jaya. ©2022 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Tersangka kasus dugaan penistaan agama Roy Suryo mengajukan penangguhan penahanan agar dijadikan tahanan kota ke penyidik Polda Metro Jaya pada Sabtu (6/8). Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga tersebut mengajukan penangguhan penahanan melalui kuasa hukum karena alasan kesehatan.

Polda Metro Jaya menegaskan bahwa keputusan penangguhan penahanan Roy Suryo masih menunggu keputusan dari penyidik. Polisi telah menerima surat pengajuan penangguhan penahanan dari tim kuasa hukum Roy Suryo.

"Permohonan penangguhan itu diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan kita, namun dalam memutuskan apakah permohonan itu bisa dikabulkan apa tidak ini penyidik yang memutuskan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di Jakarta, Senin (8/8).

Zulpan menambahkan, tim kuasa hukum Roy Suryo mengajukan penangguhan penahanan karena alasan kesehatan kliennya tersebut.

"Terkait dengan permohonan penangguhan penahanan dari pihak pengacara Saudara Roy Suryo untuk meminta penangguhan penahanan dengan alasan kesehatan yang bersangkutan," ujar Zulpan.

2 dari 2 halaman

Tanggapan Pelapor

Penangguhan penahanan diajukan Roy Suryo turut ditanggapi pelapor Kurniawan Santoso. Kuasa hukum Kurniawan, Herna Suntana meminta penyidik Polda Metro Jaya tak mengabulkan penangguhan penahanan Roy Suryo.

"Kami berharap tetap dilakukan penahanan sampai proses hukum selesai. Kita hormati saja proses hukum tanpa perlu melakukan manuver-manuver yang memancing reaksi negatif dari netizen," kata Herna dalam keterangan tertulis, Senin (8/8).

Herna mengapresiasi langkah diambil polisi terkait penahanan Roy Suryo. Menurut dia, sudah sepatutnya penista agama dijebloskan ke tahanan.

"Ini supaya jelas keadilan dan kesetaraan hukum," ujar dia.

Herna berharap Roy Suryo menghormati proses hukum dengan tidak membuat peradilan di luar pengadilan. Herna menyarankan agar Roy Suryo membuktikan di hadapan majelis hakim.

"Ada upaya pembenaran atau pembelaan ya silahkan dilakukan di persidangan," ujar dia.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga tersebut telah ditahan terkait dugaan penistaan agama pada meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Joko Widodo. Roy Suryo ditahan usai menjalani pemeriksaan lanjutan sebagai tersangka kasus tersebut pada Jumat (5/8).

Roy Suryo dipersangkakan melanggar Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45 (a) ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 156 (a) KUHP dan atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1945 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Reporter: Ady Anugrahadi/Liputan6.com [gil]

Baca juga:
Drama Roy Suryo dan Sindiran Polisi
Gaya Roy Suryo Acungkan Jempol saat Ditahan Polisi
Polisi: Roy Suryo Ditahan atas Kasus Ujaran Kebencian
Polda Metro Jaya Panggil Roy Suryo untuk Dalami Kasus Meme Stupa
Pengacara Pastikan Roy Suryo Penuhi Panggilan Polisi Hari Ini
Hadir di Polda Metro Jaya, Roy Suryo Kenakan Penyangga Leher
Polisi: Roy Suryo Sehat, Nanti Penahanan Tergantung Keputusan Penyidik

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini