Profil Hitam di Whatsapp, Simbol Empati Pegawai Ditjen Imigrasi Terhadap Ronny Sompie

Rabu, 29 Januari 2020 15:35 Reporter : Yunita Amalia
Profil Hitam di Whatsapp, Simbol Empati Pegawai Ditjen Imigrasi Terhadap Ronny Sompie Ronny Sompie. ©2017 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mencopot Ronny F Sompie dari jabatannya sebagai Direktur Jenderal Imigrasi. Keputusan Yasonna itu membuat pegawai Ditjen Imigrasi bereaksi.

Beberapa pegawai Ditjen Imigrasi memasang logo hitam di profil WhatsApp mereka. Menanggapi hal itu, Kabiro Humas Ditjen Imigrasi mengatakan sikap itu sebagai bentuk empati pegawai Ditjen Imigrasi terhadap Ronnie.

"Mungkin ekspektasi pimpinan yang jauh lebih tinggi, mungkin tidak seperti itu. Buktinya banyak yang suka sama dia, banyak yang sayang juga anak buahnya sama dia, cuman rasa empatinya aja yaudahlah Pak istirahat saja," kata Ali saat dikonfirmasi, Rabu (29/1).

Ia juga membantah aksi empati seperti ini berlarut-larut. Menurutnya, memasang lambang suatu profil berwarna hitam menandakan rasa empati, tanpa ada maksud di balik dari aksi tersebut.

"Cuma rasa empatinya saja seorang pemimpin yang baik harus berganti," tandasnya.

Sikap itu berbanding dengan pernyataan Ketua Komisi III DPR Herman Herry yang menilai langkah Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly mencopot Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie sudah tepat. Menurutnya, pernyataan Ronny terkait keberadaan politikus PDIP yang terseret kasus suap PAW Anggota DPR menimbulkan kontroversi.

Herman mengatakan, pencopotan Ronny juga berkaitan dengan tim independen yang tengah mengusut informasi delay sistem berkaitan dengan kedatangan tersangka suap Harun Masiku di Bandara Soekarno-Hatta.

"Selain karena telah menimbulkan kontroversi dan polemik di tengah masyarakat. Saat ini Kemenkum HAM juga sedang membentuk tim independen yang mengusut delay sistem yang terjadi di Imigrasi Soekarno-Hatta," jelas politikus PDIP.

Menurut Herman, akan terjadi konflik kepentingan jika Ronny masih tetap menjabat sebagai Dirjen Imigrasi, sementara tim independen tengah bekerja.

Sementara alasan Menkum HAM Yasonna Laoly mencopot Ronny Sompie sebagai Dirjen Imigrasi agar tidak ada konflik kepentingan dalam tim independen yang dibentuk untuk mengusut kasus 'delay' melacak keberadaan buronan KPK, Harun Masiku.

Yasonna mengatakan, Ronny bukan dicopot tapi difungsionalkan. Dengan demikian, tim independen akan berjalan dengan baik.

"Karena saya mau kita betul-betul terbuka dan melacak mengapa ini terjadi delay, mengapa data tersimpan di PC Bandara F terminal 2. Kalau yang bandara 3 kan beres makanya enggak ada masalah. Tapi terminal 2 ini ada delay," kata Yasonna.

Baca juga:
YLBHI: Seharusnya yang Dicopot Menkum HAM Bukan Dirjen Imigrasi
Jokowi Soal Pencopotan Dirjen Imigrasi Ronny Sompie: Tanyakan ke Menkum HAM
Ketua Komisi III DPR Dukung Pencopotan Ronny F Sompie Karena Bikin Kontroversi
Selain Ronny Sompie, Yasonna Copot Direktur Sistik Imigrasi atas Kasus Harun Masiku
Virus Corona Merebak, Imigrasi Belum Tolak WNA Masuk Indonesia
ICW Sebut Pencopotan Dirjen Imigrasi Upaya Yasonna 'Cuci Tangan' dari Kasus Harun

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini