Presiden Ukraina Puji Jokowi: Kewenangan Anda di Dunia Internasional Sangat Tinggi

Kamis, 30 Juni 2022 15:25 Reporter : Merdeka
Presiden Ukraina Puji Jokowi: Kewenangan Anda di Dunia Internasional Sangat Tinggi Pertemuan Jokowi dengan Presiden Ukraina di Istana Maryinsky. ©2022 Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengapresiasi kunjungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke negaranya pada Rabu, 29 Juni 2022. Menurutnya, keberadaan dan kewenangan Jokowi di dunia internasional sangatlah tinggi.

Dia menyampaikan, Jokowi merupakan pemimpin negara pertama di Asia yang berkunjung ke Ukraina, usai invasi dari Rusia pada Februari lalu. Bahkan, Zelenskyy menyebut kunjungan Jokowi sebagai hari bersejarah bagi Ukraina-Indonesia.

"Bapak Presiden, Yang Mulia, kita mengapresiasi hal tersebut. Terutama Indonesia dan juga kewenangan anda dan juga keberadaan anda di dunia internasional sangat tinggi," katanya usai pertemuan sebagaimana dilihat di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (30/6).

"Anda mewakili negara-negara G20 dimana Indonesia memegang presidensi tahun ini dan merupakan negara yang kuat di ASEAN dan tahun depan akan menjadi Keketuaan ASEAN tahun depan," sambung Zelenskyy.

Dia menuturkan kehadiran Jokowi merupakan awal untuk memperkuat koalisi melawan perang yang dilakukan bersama-sama negara lain. Hal ini untuk mengembalikan stabilitas di dunia.

2 dari 2 halaman

Zelenskyy juga mengapresiasi dukungan Indonesia dan Jokowi secara pribadi untuk Ukraina, selama masa perang. Dia menekankan akan memperjuangkan kemerdekaan Ukraina dari perang kolonial yang dilancarkan Rusia.

"Dan secepatnya perang ini berakhir, dan kita akan secepatnya untuk dapat mengembalikan situasi politik dan ekonomi di Ukraina," ujar dia.

Dalam kesempatan ini, Zelenskyy mengundang perusahaan Indonesia untuk membantu rekonstruksi di Ukraina. Dia turut menyampaikan terima kasih atas kunjungan Jokowi ke Ukraina.

"Saya mengundang Indonesia dan juga perusahaan Indonesia dan juga profesional-profesional Indonesia untuk ikut ke dalam proyek-proyek yang ada di Ukraina saat ini," tutur Zelenskyy.

Reporter: Lisza Egeham [fik]

Baca juga:
Usai Lawatan ke Presiden Ukraina Zelenskyy, Jokowi Bertolak ke Rusia Temui Putin
Moeldoko Ungkap Alasan Jokowi Upayakan Perdamaian Ukraina-Rusia saat Negara Lain Diam
Bertemu Jokowi di Kiev, Presiden Ukraina Merasa Didukung Rakyat Indonesia
Jokowi Ingatkan Pentingnya Keamanan Ekspor Pangan Ukraina
Ini Pesan Penting dari Zelenskyy yang akan Disampaikan Jokowi pada Putin
Jokowi Kunjungi Ukraina-Rusia untuk Misi Perdamaian, Ganjar Pranowo Beri Doa Ini

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini