Polisi Duga 9 Terduga Teroris di Jateng-Jatim Ingin Manfaatkan Momen Pemilu

Kamis, 16 Mei 2019 16:07 Reporter : Nur Habibie
Polisi Duga 9 Terduga Teroris di Jateng-Jatim Ingin Manfaatkan Momen Pemilu Garis polisi. Liputan6

Merdeka.com - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menangkap sembilan orang terduga teroris pada Selasa (14/5) lalu di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sembilan orang tersebut yakni AH, A, IH, AU, JM, AM, AS, PT dan JD.

Kadiv Humas Polri, Irjen Mohammad Iqbal, mengatakan kesembilan orang tersebut memiliki sasaran yakni aparat kepolisian yang dianggap tak sejalan atau tak sealiran dengan mereka.

"Diduga juga mereka memanfaatkan momentum pesta demokrasi, diduga ada beberapa indikasi hal tersebut. Nanti kami akan sampaikan, tunggu saja teman-teman Densus 88, seperti apa yang saya sampaikan tadi, menjejaki," kata Iqbal di Humas Polri, Jakarta Selatan, Kamis (16/5).

Kelompok teror ini juga memanfaatkan momentum bulan suci Ramadan dan jelang Hari Raya Idul Fitri.

"Kita terus bekerja, ada beberapa target-target lain yang harus kita lakukan. Sebenarnya untuk mengantisipasi terjadinya serangan-serangan teror pada momentum pesta demokrasi, momentum Ramadan, momentum hari Raya Idul Fitri nanti. Sehingga seluruh masyarakat dapat melakukan aktivitasnya aman, damai," jelasnya.

Kepolisian belum bisa memprediksi apakah hal itu terkait rencana pengumuman hasil Pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Rabu (22/5) mendatang.

"Momentum pemilu, kita tidak bisa mendapat informasi (22 Mei) tersebut, sedang kita dalami," ujarnya.

Sebanyak tujuh dari sembilan terduga teroris ditangkap diketahui pernah berangkat ke suriah. Dua lainnya, JM dan AM belum pernah berangkat ke Suriah.

"Betul (sudah terdeteksi lama) karena kita memiliki data tersebut, sehingga siapa yang sudah berangkat ke Suriah, siapa yang terafiliasi di kelompok mana Filipina dan sebagainya," jelas Iqbal. [lia]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini