Penjelasan Kemlu Soal Kedatangan Staf Kedutaan Jerman ke Markas FPI di Petamburan

Senin, 21 Desember 2020 13:03 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Penjelasan Kemlu Soal Kedatangan Staf Kedutaan Jerman ke Markas FPI di Petamburan Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri. Liputan6.com/Gempur M Surya

Merdeka.com - Beredar sebuah foto mobil milik Kedutaan Besar Jerman terparkir di depan markas Ormas FPI, di Petamburan, Jakarta Pusat. Kemudian tampak seorang wanita masuk ke dalam markas tersebut.

Terhadap foto yang ramai beredar, Kementerian Luar Negeri mengaku telah memanggil Kepala Perwakilan Kedutaan Jerman di Jakarta pada Minggu (20/12). Pemanggilan untuk meminta klarifikasi terkait kegiatan staf kedutaan Jerman di Markas FPI.

"Dalam pertemuan, Kepala Perwakilan Kedutaan Besar Jerman membenarkan keberadaan staf Kedutaan di sekretariat organisasi tersebut. Kepala Perwakilan Kedubes Jerman menyampaikan bahwa keberadaan staf Kedubes Jerman di tempat tersebut dan pertemuan yang dilakukan adalah atas inisiatif pribadi tanpa mendapatkan perintah atau sepengetahuan pimpinan Kedutaan Besar Jerman," dalam keterangan pers di laman kemenlu.go.id seperti dilihat merdeka.com, Senin (21/12).

Atas peristiwa itu, kepala Perwakilan Kedubes Jerman menyampaikan permintaan maaf dan menyesalkan terkait kejadian tersebut. Tidak hanya itu, Kepala Perwakilan Kedubes Jerman menepis pernyataan salah satu pimpinan ormas tersebut.

"Kepala Perwakilan Kedubes Jerman memastikan bahwa insiden tersebut tidak mencerminkan kebijakan Pemerintah dan Kedutaan Besar Jerman serta menolak tegas kesan bahwa kedatangan staf Kedutaan tersebut sebagai bentuk dukungan Jerman kepada organisasi," kata Kemlu.

Sementara itu Kedutaan Jerman juga secara tegas menyampaikan dukungan dan komitmen pemerintah Jerman untuk melanjutkan kerja sama bilateral dengan Indonesia. Yaitu untuk melawan intoleransi, radikalisme, dan ujaran kebencian.

"Kedubes Jerman menyampaikan bahwa staf diplomatik tersebut telah diminta kembali segera untuk mempertanggungjawabkan tindakannya dan memberikan klarifikasi kepada pemerintahnya," jelas Kemlu. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kemenlu RI
  3. FPI
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini