Tim SAR cek info pendaki Gunung Slamet dikabarkan tersambar petir

Jumat, 30 Desember 2016 13:32 Reporter : Chandra Iswinarno
Tim SAR cek info pendaki Gunung Slamet dikabarkan tersambar petir Gunung Slamet. ©2014 merdeka.com/chandra iswinarno

Merdeka.com - Pendaki Gunung Slamet yang mendaki melalui jalur Dusun Bambangan, Desa Kutabawa Kecamatan Karangreja, Purbalingga Jawa Tengah, dikabarkan tersambar petir. Sejak Kamis (29/12) tidak ada lagi kabar pendaki yang belum diketahui identitasnya itu.

Petugas pos pendakian Gunung Slamet Purbalingga, Slamet Ardianzah, mengemukakan hingga saat ini pihaknya belum mendapat kepastian informasi tersebut. Meski begitu, pihaknya langsung merespon informasi tersebut dengan mengirimkan regu SAR untuk mencari pendaki yang dikabarkan tersambar petir tersebut.

"Tadi pagi sekitar pukul 09.00 WIB, kami memberangkatkan tim untuk menelisik kebenaran kabar tersebut," ujarnya saat dihubungi Jumat (30/12).

Ia mengemukakan, dari informasi yang diperolehnya, pendaki yang dikabarkan tersambar petir tersebut berjumlah dua orang. Mereka, jelas Slamet, mulai melakukan pendakian dari pos pendakian dusun Bambangan pada Rabu (28/12). "Mereka bertiga berasal dari Desa Lebaksiu Kecamatan Tegal. Adapun mereka yang melakukan pendakian bernama Prayit, Ilham dan Nafaindo," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan dari kabar yang didapat pihaknya, dua pendaki yang tersambar petir tersebut baru teridentifikasi satu orang bernama Prayit. Namun, satu identitas lainnya belum diketahui. "Kami sendiri sudah mencoba mengontak pendaki tersebut, namun tidak ada jawaban. Kami sendiri belum tahu adanya kabar ini, karena tidak ada kontak dari pendaki tersebut," ucapnya.

Slamet menyayangkan tidak adanya salah satu pendaki tersebut yang mencoba mengontak langsung pos pendakian. "Karena itu, kami langsung mengirimkan tim untuk memastikan kebenaran kabar tersebut. Jika benar, kami akan menyiapkan tim tambahan untuk mengevakuasi mereka," jelasnya.

Kabar hilangnya pendaki tersebut diketahui sejak di pos tujuh. Dari data yang ada di pos pendakian, mereka mendaki Gunung Slamet pada Rabu sore sekitar pukul 16.40 WIB.

Hingga saat ini, Slamet mengaku masih menunggu perkembangan informasi dari tim yang sudah melakukan pendakian di gunung tertinggi di Jawa Tengah tersebut. Dalam beberapa waktu terakhir, kondisi cuaca di kawasan Jawa Tengah didominasi hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Pendaki Gunung
  2. Pendaki Hilang
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini