Pencuri Dua Kerbau Ditangkap Polisi di Bus saat Hendak Kabur ke Bali

Sabtu, 22 Januari 2022 01:05 Reporter : Ananias Petrus
Pencuri Dua Kerbau Ditangkap Polisi di Bus saat Hendak Kabur ke Bali Pencuri Kerbau Ditangkap di Bus. Ananias Petrus

Merdeka.com - Stefanus Hinggu Natar (29), warga Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) tak berkutik saat ditangkap polisi. Dia ditangkap anggota Buser Satreskrim Polres Sumba Timur, karena diduga mencuri dua kerbau di wilayah Panjir, Kecamatan Paberiwai, Kabupaten Sumba Timur.

Stefanus ditangkap di jalan raya Laipori, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur saat perjalanan menggunakan bus menuju Bali.

"Tim Buser Polres Sumba Timur berhasil meringkus tersangka pencurian ternak milik korban Hungu Ata Bara," kata Kapolres Sumba Timur, AKBP Handrio Wicaksono dikonfirmasi, Jumat (21/1).

Menurut Handrio, tersangka mencuri kerbau milik Hungu Ata Bara di Lajarik, Desa Mehangmata, Kecamatan Paberiwai, Kabupaten Sumba Timur, pada Minggu (16/1) malam. Tersangka Stefanus Hinggu Natar ditangkap pada saat dalam perjalanan dari Kecamatan Umalulu menuju Kota Waingapu (ibu kota Kabupaten Sumba Timur).

Saat itu tersangka Stefanus sedang berada di atas bus 'Yordan', karena hendak melarikan diri ke Denpasar, Bali setelah mencuri dua ekor ternak kerbau milik korban.

"Penangkapan ini hasil pengembangan penangkapan pelaku pencurian ternak yang sebelumnya sudah kita amankan," ujar Handrio.

Tersangka Stefanus pun dibawa ke Polres Sumba Timur dan diproses. Ia juga sudah ditahan dalam sel sambil menunggu proses hukum lebih lanjut.

2 dari 2 halaman

Komplotan Pencuri Kerbau

Sebelumnya, Anggota Buser Polsek Kahaungu Eti dan Polres Sumba Timur membekuk dua pelaku pencurian ternak yang selama ini beraksi di Kabupaten Sumba Timur, NTT dan sekitarnya.

Dua tersangka pencuri ternak yang diamankan polisi masing-masing Yosias Jangga Kadu (26), sopir yang juga warga Desa persiapan Madutolung, Kecamatan Kahaungu Eti, Kabupaten Sumba Timur dan Manja Landu Praing (56), petani asal Madutulong, Desa Kambata Bundung, Kecamatan Kahaungu Eti, Kabupaten Sumba Timur.

Kapolres Sumba Timur, AKBP Handri Wicaksono menyebutkan, anggota unit buser dan tim melakukan penyelidikan kasus pencurian ternak kerbau berdasarkan laporan polisi nomor : LP/02/I/Res.1.24/2022/NTT/Res ST/Sek K.Eti, tanggal 16 Januari 2022.

Kehilangan ternak ini dilaporkan Hunga Ara Mbara (52), warga kebun Lanjarik, RT 05/RW 09, Desa Mehang Mata, Kecamatan Kahaungu Eti, Kabupaten Sumba Timur.

Awalnya pada Minggu (16/1) malam sekitar pukul 20.40 wita, anggota Buser Polres Sumba Timur mendapat informasi dari Kanit Reskrim Polsek Kahaungu Eti, Aiptu Sefri Tafetin dan anggota Aipda Tomadi dan Bripka Indra Ludji bahwa mereka telah mengamankan terduga pelaku pencurian hewan kerbau, Yosias Jangga Kadu.

Polisi juga mengamankan barang bukti berupa 2 ekor kerbau dan satu buah mobil pick up warna hitam dengan nomor polisi DR 8242 AL.

Berdasarkan informasi tersebut kemudian anggota buser Polres Sumba Timur langsung menuju ke Polsek Kahaungu Eti. Para anggota Buser tersebut yakni Bripka Christovel T. Swardana, Brigpol Laurensius Longa, Brigpol Aditya Nugroho dan Brigpol Bramanto Pambudi.

Di Polsek Kahaungu Eti, anggota buser melakukan interogasi terhadap Ndawa Langgu May dan Yosias Jangga Kadu.

Hasil interogasi didapati bahwa hewan dan surat putih atau surat hewan yang diduga palsu tersebut diberikan oleh Manja Landu Praing di padang Laiduli, Desa persiapan Praipahada, Kabupaten Sumba Timur.

Hewan tersebut dimuat/dinaikan ke dalam bak mobil pick up oleh Manja Landung Praing, Yosias Jangga Kadu dan Ndawa Langgu May.

Kepada polisi yang memeriksanya, Yosias Jangga Kadu mengakui kalau Panus dan Ama Aris yang mengantar langsung hewan tersebut ke rumah Manja Landupraing.

Anggota Buser kemudian melanjutkan pencarian terhadap beberapa terduga pelaku lainnya yakni Manja Landupraing, Ama Aris dan Panus.

Pada Senin (17/1), anggota buser Polres Sumba Timur bersama dengan anggota polsek Kahaungu Eti berhasil mengamankan Manja Landupraing di rumahnya tepatnya di Desa persiapan Madutulong, RT 17/ RW 09, Desa Kambata Bundung, Kecamatan Kahaungu Eti, Kabupaten Sumba Timur.

Kemudian anggota buser Polres Sumba Timur bersama dengan anggota polsek Kahaungu Eti membawa Manja Landupraing ke Polsek Kahaungu Eti untuk dimintai keterangan. [gil]

Baca juga:
Penampilannya seperti Hendak Salat, Pria di Bangkalan Justru Curi Ini di Masjid
Seorang Pria di Bali Curi Uang dan Rokok Demi Ulang Tahun Teman
TNI AL Bekuk 47 ABK Maling Batubara di Perairan Kaltim, 8 Kapal Disita
Patut Waspada, Anak di Bogor Jadi Korban Jambret saat Bermain HP di Jalan
Ditemukan Menangis, Perempuan di Pamulang Dihipnotis hingga Motor & Laptopnya Lenyap
Dua Mesin ATM Bank Mandiri di Tasikmalaya Dibobol

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini