Pemerintah pertimbangkan ampuni pengikut Santoso yang menyerah

Kamis, 21 Juli 2016 15:19 Reporter : Mohammad Yudha Prasetya
Pemerintah pertimbangkan ampuni pengikut Santoso yang menyerah Menko Polhukam kunjungi kantor KLN. ©2016 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan mempertimbangkan mengenai pemberian pengampunan, kepada 19 orang anggota kelompok Santoso yang masih bersembunyi. Hal itu akan dilakukan, jika mereka turun gunung dan menyerahkan diri kepada aparat.

"Kalau turun semuanya, kita akan pertimbangan memberikan pengampunan. Karena itu warga negara Indonesia," kata Luhut di Gedung DPR RI Senayan, Kamis (21/7).

Luhut menjelaskan, bisa saja pemerintah mengambil opsi hard-approachment kepada para pengikut Santoso, seperti yang dilakukan kepada pemimpin mereka yang ditembak mati dalam kontak senjata di Desa Tambarana, Poso, pada Senin (18/7) kemarin.

Namun, Luhut menilai jika pendekatan soft-approachment melalui aspek agama dan budaya, akan lebih efisien dilakukan oleh pihaknya.

"Tapi bukan berarti kita tidak bisa melakukan dengan cara hard approach seperti Santoso yang ditembak mati. (Karena) Pendekatan dengan hard approach tidak mengikuti cara budaya dan agama," pungkasnya.

[rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini