Jalur Gunung Ijen Penghubung Banyuwangi-Bondowoso Tertutup Longsor

Senin, 27 Juni 2022 17:27 Reporter : Muhammad Permana
Jalur Gunung Ijen Penghubung Banyuwangi-Bondowoso Tertutup Longsor Jalur Gunug Ijen longsor. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Jalur erek-erek penghubung Bondowoso-Banyuwangi tertutup tanah longsor saat terjadi hujan lebat, Senin (27/6). Kapolsek Licin, AKP Dalyono mengatakan longsor terjadi sekitar pukul 05.30 WIB. Longsoran menutup seluruh badan jalan sehingga jalur itu tidak dapat dilalui.

"Longsornya tebing erek-erek itu diakibatkan tanah yang gembur. Sehingga saat terjadi hujan tanah langsung longsor menutup jalan," ujar Kapolsek Licin, AKP Dalyono.

Sejumlah personel sudah berusaha melakukan evakuasi bersama tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi.

"Proses evakuasi sudah dilakukan, untuk membuka akses jalan. Bahkan proses evakuasi hingga pukul 15.30 WIB, masih hanya bisa membuka separo jalan, sehingga membuat jalur dibuka tutup," ujarnya.

Dalam proses evakuasi ini, petugas mengalami sedikit kendala. Karena adanya sejumlah pohon yang berdiameter cukup besar ikut longsor.

"Beruntung, saat terjadinya longsor tidak ada pengendara yang melintas sehingga dalam insiden ini tidak ada korban jiwa. Hanya menutup akses jalan, penghubung ke Kabupaten Bondowoso," jelasnya.

Dalyono menyebut bahwa jalur Gunung Ijen, memang cukup rawan terjadinya longsor. Dikarenakan tekstur tanah yang mudah terjadinya longsor.

"Kita selalu mengimbau kepada masyarakat yang melewati jalur tersebut untuk selalu berhati-hati, terutama saat musim hujan. Dikarenakan memang menjadi daerah rawan terjadinya longsor," imbaunya.

[cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tanah Longsor
  3. Banyuwangi
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini