Harga BBM Naik, Antrean Panjang Terjadi di SPBU

Sabtu, 3 September 2022 14:50 Reporter : Ronald
Harga BBM Naik, Antrean Panjang Terjadi di SPBU Antrean kendaraan bermotor di SPBU. ©2018 Merdeka.com/Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Antrean panjang terjadi di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), baik di DKI Jakarta maupun kota penyangga. Ini terjadi usai pemerintah mengumumkan harga BBM naik.

Pantauan merdeka.com, Sabtu (3/9) pukul 14.28 WIB, SPBU di Kecamatan Klapanunggal, Bogor, Jawa Barat, dipadati kendaraan beroda dua dan empat. Para pengendara rela mengantre untuk mendapatkan BBM.

Salah satu pengendara, Kamil mengatakan dirinya mendatangi SPBU usai mendengar pengumuman harga BBM naik oleh pemerintah. "Pas saya tiba di SPBU, antreannya panjang sekali," kata dia.

Mengenai harga BBM yang meningkat, Kamil tak masalah. Dia mengaku rela mengikuti kebijakan yang ditetapkan pemerintah. "Ya, mau bagaimana lagi," ucapnya.

2 dari 4 halaman

Kondisi serupa terjadi di SPBU Pondok Petir, Bojongsari, Depok, Jawa Barat. Pengendara bernama Eko mengaku tengah mengantre untuk mendapatkan BBM.

"Di sini ramai, orang pada mau isi bensin kendaraan. Ngantre mengular," ucapnya.

Eko mengantre di SPBU tersebut sebelum pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM. Dia mengaku sengaja ingin mengisi penuh tangki kendaraan roda empatnya sebelum harga BBM naik.

"Soalnya naik tinggi jadi diisi full sebelum keburu naik," kata Eko. 

3 dari 4 halaman

Sementara di SPBU 34-16509, Jalan Raya Sawangan, Depok, Jawa Barat, masih terlihat sepi. Bahkan pengendara yang ingin membeli BBM belum mengetahui kenaikan harga BBM.

"Belum tahu saya, saya hanya isi saja enggak tahu kalau sudah naik," kata Firman di lokasi.

Hal senada disampaikan Budi. Dia mengisi penuh tangki motornya meski belum mengetahui pengumuman kenaikan harga BBM. "Full bang," ujarnya kepada petugas SPBU.

4 dari 4 halaman

Sebelumnya, pemerintah telah memutuskan untuk menaikkan harga BBM pada hari ini, Sabtu (3/9). Penyesuaian harga baru BBM dimulai pada pukul 14.30 WIB.

"Ini berlaku satu jam sejak saat diumumkannya penyesuaian harga ini jadi akan berlaku pada pukul pada 14.30 Waktu Indonesia Bagian Barat," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif saat konferensi Pers di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (3/9).

Berikut penyesuaian harga BBM bersubsidi yang berlaku satu jam sejak saat diumumkannya penyesuaian harga atau tepat pada 14.30 WIB.

A) Pertalite dari Rp7.650/liter menjadi Rp10.000 /liter
B) Solar bersubsidi dari Rp5.150/liter mejadi Rp6.800/liter
C) Pertamax non subsidi dari Rp12.500/liter menjadi Rp14.500/liter. [tin]

Baca juga:
Harga Baru BBM Berlaku Mulai 14.30 WIB Siang Ini
Harga BBM Naik: Pertalite Rp10.000, Solar Rp6.800, Pertamax Rp14.500
Jokowi Naikkan Harga BBM: Pilihan Terakhir, Keputusan yang Sulit
Jokowi Ingatkan Penerima BLT BBM: Jangan Buat Beli Handphone
Muhadjir Effendy:  Pencabutan Subsidi BBM Sangat Dilematis
Pemilik Mobil Terbakar Usai Isi BBM Jadi Tersangka

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini