Demo di Manokwari Papua Barat Merembet ke Jayapura

Senin, 19 Agustus 2019 10:20 Reporter : Merdeka
Demo di Manokwari Papua Barat Merembet ke Jayapura Macet Manokwari. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kerusuhan di Kota Manokwari, Papua Barat, berbuntut terhadap aksi berantai di kawasan Jayapura. Hal itu dibenarkan oleh Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Eko Daryanto.

"Jayapura baru mau jalan. Aksinya," tutur Eko saat dihubungi Liputan6.com, Senin (19/8).

Menurut Eko, peserta aksi unjuk rasa berangkat dari Universitas Cendrawasih, sekitar 3 kilometer dari Jayapura.

"Aksi demo respons dari Manokwari. Jadi Manokwari aksi, Jayapura ikut aksi. Cuma baru kumpul. Biasa, demonstrasi," jelas dia.

TNI masih menunggu koordinasi dari kepolisian. Sementara, lanjut Eko, pihaknya sudah bersiap untuk ikut mengamankan jalannya aksi.

"Kita siaga saja," Eko menandaskan.

Seperti diberitakan sebelumnya, aksi mahasiswa di Manokwari berujung pembakaran Gedung DPRD Manokwari, Papua Barat, Senin (19/8) pagi. Lalu lintas di sejumlah ruas jalan Kota Manokwari, Papua Barat macet total.

Unjuk rasa di Manokwari merupakan buntut insiden kekerasan dan pengusiran mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya pada 16 Agustus 2019.

Sejumlah ruas jalan di Manokwari, terutama jalan Yos Sudarso yang merupakan jalan utama kota Manokwari diblokade massa yang mengakibatkan aktivitas masyarakat maupun arus lalu lintas lumpuh.

Reporter: Nanda Perdana Putra
Sumber: Liputan6.com [lia]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini