Laporan dari Arab Saudi

Delegasi Amirul Hajj Tiba di Tanah Suci, Pastikan Jemaah Haji Dapat Pelayanan Terbaik

Jumat, 1 Juli 2022 14:16 Reporter : Lia Harahap
Delegasi Amirul Hajj Tiba di Tanah Suci, Pastikan Jemaah Haji Dapat Pelayanan Terbaik Delegasi Amirul Hajj Tiba di Tanah Suci. ©2022 Merdeka.com/Lia Harahap

Merdeka.com - Delegasi Amirul Hajj sudah tiba di Tanah Suci pada Kamis (30/6) malam. Rombongan dipimpin Naib Amirul Hajj yang juga Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi.

Tampak sejumlah pejabat Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1443H menyambut. Di antaranya, Ketua PPIH, Arsad Hidayat, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Hilman Latief dan Kepala Pusat Kesehatan Haji, Budi Sylvana.

"Alhamdulillah sehat, perjalanan lancar," kata Zainut sesaat tiba di Bandara King Abdulaziz Internasional Airport (KAIA) di Jeddah.

Setibanya di Makkah, kata Zainuddin, rombongan delegasi akan berkoordinasi dengan tim PPIH yang sudah berada di Tanah Suci untuk membahas segala persiapan rangkaian ibadah haji jemaah.

"Hari ini kami akan kordinasi kembali dengan teman-teman untuk tentukan kembali agenda berikutnya. Agenda berikutnya tentu berkaitan dengan rangkaian haji di Tanah Suci utamanya di Makkah dan Madinah," kata Zainut.

Informasi dia terima, jemaah haji Indonesia merasakan pelayanan yang cukup baik selama di Tanah Suci. Dia berharap pelayanan terbaik terus diberikan petugas pada jemaah sampai waktu kepulangan ke Tanah Air tiba.

"Alhamdulillah berjalan relatif lancar, baik, bahkan saya dapat info dari jemaah, jemaah kita merasakan peningkatan pelayanan saat ini. Harapan kami jemaah haji Indonesia bisa dapatkan layanan ibadah haji sebaik-sebaiknya tahun 2022," kata Zainut.

Sore nanti, rombongan delegasi Amirul Hajj akan melihat langsung aktivitas dan pelayanan yang didapat jemaah. Utamanya saat beribadah di Masjidil Haram.

"Akan kami mulai nanti sore, kami akan melihat situasi jemaah. Utamanya di tempat ibadah," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Zainut menjelaskan alasan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, batal berangkat bersama-sama rombongan delegasi Amirul Hajj hari ini.

"Amirul Hajj Bapak Menteri yang Insya Allah beliau akan menyusul, beliau belum bisa berangkat karena harus selesaikan persoalan-persoalan di Tanah Air yang belum selesai. Insya Allah kami akan tunggu beliau, kami akan bersama-sama untuk melaksanakan tugas-tugas sebagai Amirul Hajj," jelas Zainut.

Selain Zainut, delegasi lainnya yang ikut dalam rombongan yakni Muhammad Hilal Al Aidid dari Nahdlatul Ulama (Naib Amirul Hajj), Agus Taufiqurrahman dari Muhammadiyah (Naib Amirul Hajj), Arif Fachruddin dari MUI (Anggota), Aay Muhammad Furkon, Masyhuri khamis Ahmad Kasim dari Al Washliyah (Anggota), Faisol Nasar dari Al Irsyad (Anggota), Mohammad Mukri Wiryosumarto dari UIN Raden Inten Lampung (Anggota), Muhammad Khoirul Muttaqin dari Kementerian Koordinator PMK (Anggota) dan Oscar Primadi dari Kementerian Kesehatan (Anggota).

Baca juga:
Update 1 Juli 2022: Jemaah Haji Tiba di Tanah Suci Berjumlah 84.889
Cek Kesiapan Armuzna, DPR Minta Semua Fasilitas Segera Rampung H-3 Puncak Haji
Skenario Perlindungan Jemaah saat Puncak Haji di Armuzna
Siapkan 10 Bus, KKHI Terus Data Jemaah yang akan Disafariwukufkan
Beri Pelayanan saat Armuzna, KKHI Kerahkan 782 Tenaga Kesehatan
Kemenag Berharap Kuota Haji Tahun 1443 H Terserap 100 Persen
Menag Ajak Amirul Hajj Suntik Semangat Petugas Haji

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini