BRIN Ingatkan soal Dampak Badai Salju di Hongkong Terhadap Indonesia

Sabtu, 22 Januari 2022 14:07 Reporter : Supriatin
BRIN Ingatkan soal Dampak Badai Salju di Hongkong Terhadap Indonesia Salju tebal selimuti China. ©STR/AFP

Merdeka.com - Profesor Riset Bidang Meteorologi dan Klimatologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Edvin Aldrian mengingatkan soal dampak dari badai salju di Hong Kong. Badai salju ini biasanya berdampak pada cuaca di Jawa Barat.

Badai salju Hong Kong umumnya terjadi bersamaan dengan Tahun Baru Imlek atau China. Tahun Baru Imlek jatuh pada 1 Februari 2022.

"Biasanya waktunya bersamaan dengan waktu tahun baru China dan akan terus ke selatan lagi sampai ke Johor, Riau. Riau kering tapi meskipun kering, Jawa Barat akan basah karena udara pecahannya di situ," jelas Edvin dalam diskusi virtual, Sabtu (22/1).

Dampak badai salju Hong Kong perlu diwaspadai sekitar tanggal 10 sampai 15 Februari 2022. Jika Hong Kong tidak dilanda badai salju, maka Jawa Barat dan DKI Jakarta bebas dari ancaman banjir besar hingga akhir Maret 2022.

"Kalau terjadi, kita harus waspada. Biasanya, melihat indeks dari hentakan dingin setiap hari harus kita perhatikan," ujarnya.

"Biasanya kalau itu lewat, Insya Allah sampai akhir Maret kita mengalami hujan sporadik seperti Januari ini. Tapi Insya Allah tidak ada banjir besar, terutama di Jawa Barat dan Jakarta," imbuhnya.

Edvin menjelaskan badai salju di Hong Kong terjadi akibat hentakan dingin dari Siberia, Rusia yang mengarah ke selatan sehingga menimbulkan badai salju di Hong Kong. [lia]

Baca juga:
Fakta-Fakta Penyebab Banjir Jakarta, Hujan Ekstrem Hingga Rob
BPBD Pamekasan Keluarkan Peringatan Dini Pasang Air Laut Maksimum
Angin Kencang Landa 6 Desa di Madiun, 56 Rumah Rusak
Cuaca Ekstrem Diprediksi Landa DIY, Ini Penjelasan BMKG
BMKG Minta Masyarakat Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem 17-22 Januari 2022
Rawan Longsor, Warga Banjarnegara Diminta Waspada Curah Hujan Tinggi

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. BRIN
  3. Be Smart
  4. Cuaca Ekstrem
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini