Bawa Misi Perdamaian ke Ukraina, Jokowi: Semoga Dimudahkan

Rabu, 29 Juni 2022 10:27 Reporter : Merdeka
Bawa Misi Perdamaian ke Ukraina, Jokowi: Semoga Dimudahkan Momen akrab Jokowi dan Joe Biden di KTT G7. ©JOHN MACDOUGALL/AFP

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana berangkat menuju Kyiv Ukraina, Selasa 28 Juni 2022. Jokowi berharap misi perdamaian yang dibawanya dapat berjalan dengan baik saat bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

"Kami memulai misi perdamaian ini dengan niat baik. Semoga dimudahkan," kata Jokowi melalui akun Instagramnya @jokowi, Rabu (29/6).

Adapun Jokowi berangkat ke Ukraina dengan menggunakan kereta luar biasa dari peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, pukul 21.15 waktu setempat. Dia didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Perjalanan dari Polandia ke Ukraina diperkirakan akan memakan waktu sekitar 12 jam. Jokowi dan rombongan diprediksi akan tiba di Ukraina pada Rabu hari ini.

Sebelumnya, Jokowi dan rombongan akan berangkat ke Ukraina untuk menemui presiden negara itu yakni Volodymyr Zelenskyy. Di sana, ia akan mengajak Zelenskyy untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian.

"Akan bertemu dengan Presiden Zelensky misinya adalah mengajak presiden Ukraina untuk membuka ruang dialog, dalam rangka perdamaian untuk membangun perdamaian. Karena perang memang harus dihentikan dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali," ujar Jokowi, Minggu 26 Juni 2022.

Setelah dari Ukraina, Jokowi akan lanjut melakukan kunker ke negara lain yaitu Rusia. Nantinya, ia akan menemui Presiden Vladimir Putin dengan misi yang sama dibawanya ke negara sebelumnya.

"Dari Ukraina saya akan menuju ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin, sekali lagi dengan misi yang sama. Saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang," jelasnya.

Reporter: Lisza Egeham [fik]

Baca juga:
Potret Tampan Dua Asisten Ajudan Jokowi, Siap Kawal Presiden di Rusia & Ukraina
Potret Jokowi dan Iriana Berangkat ke Ukraina dengan Kereta Luar Biasa
Presiden Jokowi Transit di Polandia, Lanjut ke Ukraina Naik Kereta Api
Jokowi Minta Negara G7 Fasilitasi Ekspor Gandum dari Ukraina
Serangan Rudal Hantam Mal di Ukraina, 16 Orang Tewas
Serangan Rudal Rusia Hantam Mal Ukraina, 16 Orang Tewas
Jokowi Bahas Situasi Ukraina dengan Emmanuel Macron: Kita Perlu Terus Upayakan Damai

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini