Bantu Ekonomi Rakyat, Ganjar Minta BUMD Jateng Bikin Skema yang Mudah

Rabu, 17 Agustus 2022 06:38 Reporter : Merdeka
Bantu Ekonomi Rakyat, Ganjar Minta BUMD Jateng Bikin Skema yang Mudah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung peran perbankan untuk membangkitkan ekonomi rakyat kecil. Salah satunya melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Bank Jateng.

"Saya pesankan problem ekonomi dunia lagi enggak bagus, maka Bank Jateng mesti punya kontribusi. Apakah kredit usaha kecilnya, apakah skim-skim yang memudahkan rakyat," kata Ganjar di Kantor Pusat Bank Jateng, Kota Semarang, Senin (15/8).

Selain membantu ekonomi rakyat kecil, Ganjar juga mendorong peran perbankan untuk mengelola nasabah, termasuk terkait kredit. Menurut Ganjar, persoalan kredit pasti menjadi cerita masyarakat.

"Termasuk bagaimana mengelola customer karena pasti soal NPL (Non Performing Loan) menjadi cerita, pasti akan menjadi cerita," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar meresmikan prasasti dan halaman taman di Kantor Pusat Bank Jateng. Ganjar berharap, prasasti yang bertuliskan perkembangan tahunan perusahaan dan taman yang baru bisa membuat masyarakat nyaman.

"Sekaligus Bank Jateng ingin membuka dirinya kepada publik dengan simbol 'merobohkan pagar' dan menjadi open space sehingga masyarakat mungkin akan duduk di sini," tuturnya.

2 dari 2 halaman

Ganjar memuji pihak Bank Jateng yang telah memberikan prestasi signifikan. Ganjar mengatakan, aset Bank Jateng terus bertambah setiap tahunnya.

"Sehingga kalau kita lihat di sana (prasasti) disampaikan total asetnya mulai dari tahun 2013 kami masuk dulu 30,7 triliun, sekarang di 2020 bisa sampai 80,35 triliun," tuturnya.

Sebelumnya, Ganjar telah melibatkan pihak perbankan dalam rangka meningkatkan ekonomi Jateng. Salah satunya melalui Learning Centre Bawang Putih di Kabupaten Tegal hasil kerja sama dengan Bank Indonesia (BI).

Sumber: Liputan6.com [ray]

Baca juga:
Bupati Pemalang Kena OTT, Ganjar: Apa Susahnya untuk Tidak Korup?
Perda Pesantren, Ganjar ingin Santri jadi SDM Unggul dan Berdaya Saing
Isu Jokowi Restui Ganjar Nyapres, PDIP: Ibu Mega Sudah Ingatkan Jangan Manuver
Pimpin Upacara HUT ke-72 Provinsi Jateng, Ganjar Paparkan Capaian Pasca Pandemi
Sahabat Ganjar Gandeng Kaum Ibu di Bogor Deklarasi Dukungan untuk Pilpres 2024

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini