5 Tumbuhan ini diyakini penangkal santet

Minggu, 27 Juli 2014 05:33 Reporter : Indra Komara Nugraha
5 Tumbuhan ini diyakini penangkal santet tanaman obat. wordpress.com

Merdeka.com - Percaya atau tidak, di Indonesia santet atau teluh masih menjadi hal yang diakui bagi masyarakat tertentu terutama di daerah pedalaman. Mereka yang percaya akan mistik ini biasa digunakan untuk mencederai pihak lain untuk kepentingan pribadi dengan landasan dendam atau persaingan usaha.

Sulit dicerna dengan akal sehat memang, tetapi misteri ini nyata, secara umum santet sudah dikenal sejak zaman dahulu, tetapi hingga kini misteri itu belum bisa diungkap. Cara kerja santet bermula dari bantuan jin jahat dengan mengirimkan serangan gaib kepada korban.

Dalam masyarakat Jawa, terdapat fenomena yang namanya teluh braja. Menurut kesaksian dan cerita turun-temurun, teluh braja merupakan sinar terang yang melesat amat cepat. Kemunculannya biasa disusul dengan wabah penyakit dan tak jarang mengakibatkan kematian bagi sang korban.

Dibutuhkan orang yang punya kemampuan khusus untuk menangkal korban santet. Melalui pembacaan doa-doa, santet bisa dikembalikan atau dihilangkan dari tubuh.

Namun selain bantuan 'orang pintar' ternyata ada beberapa jenis tumbuhan yang apabila diletakkan di rumah dapat membantu menangkal santet sehingga penghuninya tak sampai terserang santet.

Tumbuhan apa sajakah itu? Berikut merdeka.com merangkum jenis tumbuhan yang diyakini dapat menangkal santet.

2 dari 6 halaman

Bunga Mawar

rev1ilustrasi mawar merah. ?Shutterstock.com/ Pavel Vakhrushev

Bunga mawar yang melambangkan simbol cinta ini ternyata mampu menjadi salah satu tumbuhan yang mampu menangkal santet. Mawar secara khusus memiliki khasiat menangkap energi negatif yang dikirim ke rumah anda. Energi ini kemudian akan disalurkan oleh tanaman menuju tanah.

Karena menyalurkan energi negatif ke dalam tanah, maka penempatan mawar sebaiknya tidak ditanam di depan rumah. Bila energi negatif sudah tersalurkan, bagian tanah mawar tidak boleh diinjak atau dilangkahi.

Hal ini akan membantu menjaga energi negatif tersebut tetap di tanah dan tidak berpindah ke tubuh manusia.

3 dari 6 halaman

Kaktus

5 tumbuhan ini diyakini penangkal santetIlustrasi kaktus. ?2013 Merdeka.com/Shutterstock/Triff

Tanaman yang biasa tumbuh di wilayah kering ini, selain sangat ramah lingkungan dan tak membutuhkan perawatan yang rumit.? Kaktus juga memiliki kemampuan yang mirip dengan mawar. Tumbuhan berduri ini dapat menetralisir serangan santet dan menarik energi rejeki.

Berbeda dengan bunga mawar, penempatan kaktus untuk menangkal santet? bisa bebas di letakkan di mana saja, bisa di belakang, depan, bahkan samping.

Namun memang sebaiknya tidak ditempatkan di dalam rumah karena akan hilang efeknya.

4 dari 6 halaman

Pinang Merah

rev1Pinang merah. sepanjangjk.files.wordpress.com

Pinang merah merupakan jenis palem hias yang memiliki kelopak berwarna merah atau kemerahan. Tumbuhan yang memiliki nama latin Cyrtostachys lakka ini diyakini dapat meredam energi jahat yang ikut dikirim dalam santet.

Bahkan, tak hanya di Jawa saja, beberapa wilayah lain di Indonesia seperti di Sumatera, Riau, Bengkulu memiliki keyakinan yang sama bahwa tanaman ini mampu menolak segala bentuk bala dan guna-guna yang ditujukan kepada penghuninya.

Penanganannya, tanaman yang menjadi maskot kota Jambi ini sebaiknya diletakkan di depan rumah.

5 dari 6 halaman

Kemuning Jawa

rev1kemuning jawa. ?2014 Vemale.com

Kemuning merupakan tumbuhan tropis yang dapat mencapai tinggi 7 meter dan berbunga sepanjang tahun. Tanaman ini bunganya berwarna putih dan mirip seperti melati.

Bunga Kemuning Jawa umumnya digunakan sebagai bahan obat tradisional yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi, infeksi saluran kencing, bisul, reumatik dan lain sebagainya.

Dalam hal lain, tanaman Kemuning Jawa ini memiliki kekuatan alam yang dapat meredam pengaruh santet. Tumbuhan ini dapat bekerja dengan baik jika diletakkan di depan rumah/teras.

6 dari 6 halaman

Bambu Kuning

rev1Ilustrasi bambu. ?Shutterstock.com/Pavzyuk Svitlana

Berbeda dengan bambu-bambu besar pada umumnya, bambu ini memiliki batang pohon yang lebih kecil dan warnanya kuning. Biasanya ditanam rimbun sebagai pagar pekarangan rumah.

Bambu kuning ini termasuk tanaman langka, namun kekuatannya dalam mengusir setan dan santet dipercaya banyak orang. Bahkan bambu kuning juga dipercaya mampu mencegah niat jahat seseorang yang hendak mencuri atau merampok. [tyo]

Baca juga:
Cerita Mangeat diusir dari kampung karena isu begu ganjang
Teror Begu Ganjang dan nasib tragis keluarga dibakar hidup-hidup
Pria tunanetra diusir dari kampung karena pelihara begu ganjang

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pengobatan Tradisional
  3. Mistis
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini