4 fakta menarik soal gerhana bulan total

Minggu, 5 April 2015 05:33 Reporter : Nurul Tirsa Sari
4 fakta menarik soal gerhana bulan total Gerhana bulan darah. ©AFP PHOTO

Merdeka.com - Gerhana bulan total yang terjadi pada Sabtu petang menjadi fenomena yang cukup istimewa. Di Jakarta, Planetarium, Taman Ismail Marzuki (TIM) menjadi salah satu lokasi yang dipadati masyarakat Jabodetabek untuk menyaksikan peristiwa langka itu.

Keistimewaan tersebut karena gerhana bulan terjadi bertepatan dengan malam Paskah, seperti yang diprediksi dalam Alkitab. Selain itu gerhana kali ini menjadi gerhana dengan durasi terpendek yakni kurang dari 5 menit. Tidak hanya itu, gerhana bulan serupa bakal terjadi pada September depan.

Peristiwa gerhana bulan total ini merupakan urutan ketiga dari gerhana bulan tetrad yang merupakan suatu rangkaian dari empat gerhana bulan total secara berturut-turut yang terjadi tanpa diselingi oleh gerhana bulan sebagian ataupun gerhana bulan penumbra.

Dua gerhana bulan total lebih dulu terjadi yakni pada tahun 2014 tepatnya pada 15 April 2014 dan 8 Oktober 2014. Gerhana bulan total yang ke-4 sekaligus menjadi yang terakhir dari seri tetrad ini akan terjadi pada 28 September 2015.

Adapun fakta-fakta menarik dalam gerhana bulan tadi malam, seperti dihimpun merdeka.com, Minggu (5/4):

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini