Zingiberaceae dan Orchidaceae, 2 famili tumbuhan monokotil

Sabtu, 23 April 2016 12:00 Reporter : Dewi Ratna
Zingiberaceae dan Orchidaceae, 2 famili tumbuhan monokotil Ilustrasi rempah. Shutterstock/Kesu

Merdeka.com - Di Indonesia, ada banyak jenis tumbuhan. Mulai dari tanaman hias, tanaman yang bisa digunakan sebagai bahan makanan, sampai tanaman yang bisa diolah menjadi perabot rumah. Keanekaragaman hayati ini patut disyukuri, salah satu caranya adalah dengan mempelajarinya. Salah satu cabang ilmu yang mempelajari jenis tanaman adalah Biologi.

Dalam Biologi, tanaman berbiji tertutup (Angiospermae) dibagi menjadi tumbuhan berkeping satu (monokotil) dan tumbuhan berkeping dua (dikotil). Tumbuhan monokotil sendiri digolongkan dalam beberapa famili. Nah, kali ini kita akan membahas lebih banyak tentang beberapa famili dalam golongan monokotil, yaitu Zingiberaceae dan Orchidaceae.

1. Zingiberaceae (suku jahe-jahean)

Semua jenis rempah-rempah, seperti jahe, kunyit, kencur, laos, temulawak, dan temu hitam, adalah contoh dari suku jahe-jahean yang sudah berabad-abad digunakan sebagai obat-obatan dan bumbu masak. Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan berbagai jenis rempah-rempah. Bahkan rempah-rempah jugalah yang menarik Bangsa Eropa berkunjung ke negara ini.

Suku jahe-jahean punya ciri-ciri pelepah daun yang memeluk batang, batangnya tumbuh dari rimpang (batang yang tumbuh dari dalam tanah), bunga mengandung sel kelamin jantan dan sel kelamin betina, dan kelopaknya berbentuk tabung.

2. Orchidaceae (suku anggrek-anggrekan)

Contoh Orchidaceae adalah anggrek bulan dari Kalimantan Barat, anggrek tebu, anggrek kantung kolopaking, anggrek hitam, dan masih banyak lagi. Anggrek banyak digunakan sebagai tanaman hias.

Suku ini mempunyai daun yang bertepi rata dan berdaging dengan letak berseling dua baris, berakar rimpang, pangkal batang menggembung sebagai penyimpan cadangan air, dan dalam satu bunga mengandung sel kelamin jantan dan sel kelamin betina.

Baik Zingiberaceae maupun Orchidaceae sama-sama punya banyak manfaat untuk manusia. Tertarik untuk menanamnya di rumah? [iwe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini