Ini ciri-ciri sumber daya manusia yang berkualitas

Kamis, 10 Maret 2016 08:00 Reporter : Dewi Ratna
Ini ciri-ciri sumber daya manusia yang berkualitas ilustrasi ©2013 shutterstock/ Pressmaster

Merdeka.com - Suatu negara yang punya banyak sumber daya alam, bisa jadi kurang makmur kalau nggak diiringi dengan kekuatan sumber daya manusia. Manusia selain sebagai konsumen bagi barang dan jasa, juga bisa berperan sebagai sumber daya yang membawa manfaat besar bagi masyarakat. Yang penting bukanlah banyaknya jumlah manusia, tapi secerdas apa pengelolaan sumber daya manusia.

Negara-negara yang sumber daya alamnya nggak melimpah tapi punya sumber daya manusia yang berkualitas, bisa jadi negara yang menguasai perekonomian dunia. Contoh negara dalam golongan ini adalah Jepang dan Singapura.

Terus, seperti apa sebenatnya sumber daya manusia yang berkualitas itu?

1. Akhlak yang baik

Attitude, atau akhlak yang baik dapat mendasari segala tingkah laku manusia untuk senantiasa melakukan yang terbaik. Sumber daya manusia yang seperti ini punya daya kerja yang baik karena ia jujur, adil, dan selalu berusaha untuk nggak merugikan orang lain.

2. Keahlian

Manusia yang punya keahlian yang baik, akan bisa bermanfaat dengan baik di bidangnya. Misalnya seseorang yang jago arsitektur, akan bisa menguntungkan negara jika membuat bangunan-bangunan yang menarik wisatawan dari seluruh dunia. Nelayan yang handal, akan bisa mengoptimalkan pencarian ikan di perairan Indonesia dan bahkan bisa juga menjaga alam dengan mengembangbiakkan ikan.

3. Kekuatan fisik

Jika diarahkan untuk hal-hal yang positif, kekuatan fisik bisa banyak berguna. Ini nggak hanya tentang mengangkat barang aja. Kekuatan fisik juga berarti, seseorang nggak gampang sakit karena daya tahan tubuhnya baik. Manusia dengan kekuatan fisik akan bisa bekerja dan berkarya dengan baik tanpa bolak-balik harus ke rumah sakit.

Nah, ketiganya adalah ciri-ciri sumber daya manusia yang berkualitas. Apakah kamu termasuk di dalamnya? [iwe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini