Cari tahu jenis barang ekonomi berdasarkan proses produksinya

Selasa, 8 Maret 2016 08:00 Reporter : Dewi Ratna
Cari tahu jenis barang ekonomi berdasarkan proses produksinya Ilustrasi makanan di lemari es. ©Shutterstock/Anna Hoychuk

Merdeka.com - Waktunya menggunakan modal sesedikit mungkin untuk mendapatkan penghasilan sebanyak-banyaknya. Kalimat itu pasti sering kamu dengar dalam ekonomi. Itulah kenapa, penting untuk belajar gimana caranya menaikkan nilai suatu barang. Nilai barang mentah, biasanya nggak akan semahal barang yang sudah diolah dan siap pakai. Untuk itu, kali ini Kelas Merdeka bakal bahas soal itu.

Dalam ilmu ekonomi, barang nggak cuma dibagi menurut cara memperolehnya saja, tapi juga berdasarkan proses produksinya.

1. Barang mentah (bahan baku)

Barang mentah adalah bahan dasar yang bisa dipakai untuk bikin barang lain. Barang ini sama sekali belum mengalami proses pengolahan. Misalnya, kapas, kayu, dan hasil tambang. Kayu yang didapat langsung dari pohon yang ditebang, nantinya masih perlu diolah menjadi lemari, kursi, dan masih banyak barang-barang lainnya.

2. Barang setengah jadi

Barang setengah jadi adalah barang yang sudah melewati proses pengolahan, tapi belum dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan karena belum menjadi produk akhir. Misalnya, kain untuk bikin pakaian, plastik untuk membuat tempat makan, tepung untuk membuat kue, dan masih banyak lagi.

3. Barang jadi

Barang jadi adalah produk akhir yang telah melalui proses pengolahan dari bahan baku menjadi bahan setengah jadi sampai menjadi barang yang siap pakai untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh yang paling mudah terlihat adalah kue yang siap dimakan, pakaian yang bisa langsung dipakai, dan rumah yang bisa langsung ditinggali. Intinya, pada tahap ini, para konsumen tinggal dapat praktisnya saja.

Wah, ternyata sebelum barang siap dipakai, barang melewati banyak proses dulu. Nilai ekonomi (harganya) juga pasti berbeda-beda. Makin berharga bahan bakunya dan makin panjang prosesnya untuk mengolah menjadi barang jadi, akan semakin tinggi harganya. [iwe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini