7 Gerakan IPSI ini harus kamu pelajari dalam pencak silat

Kamis, 21 Juli 2016 14:00 Reporter : Dewi Ratna
7 Gerakan IPSI ini harus kamu pelajari dalam pencak silat Silat Merpati Putih. ©2013 Merdeka.com/Facebook Silat Merpati Putih

Merdeka.com - Pernahkah kamu mendengar tentang pencak silat? Pencak silat adalah salah satu beladiri yang berasal asli dari Indonesia. Banyak sekali orang yang sudah mulai mempelajari bela diri yang satu ini. Nggak cuma itu, gerakan-gerakan silat ini juga sangat menarik dan kelihatan bagus untuk dipelajari. Gerakan unsur-unsur pencak silat yang mau kita pelajari adalah gerakan yang sudah disusun oleh pengurus besar Ikatan Pencak Silat Indonesia atau IPSI. Sebelum melakukan hal ini, kamu juga harus melakukan pemanasan terlebih dahulu supaya nanti kamu nggak cedera. Ada 7 gerakan yang disusun oleh IPSI, yaitu:

  1. Berdiri tegak yang digunakan untuk melambangkan penyerahan yang utuh kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Gerakan merendah yang melambangkan sikap seorang pesilat yang kalau semakin punya imu tinggi, maka akan seperti padi yang merendah.
  3. Gerakan melangkah yang diawali dengan kaki kanan yang melambangkan bahwa seorang pesilat akan mendahulukan kebaikan.
  4. Gerakan tanah yang menyentuh tanah menunjukkan sikap cinta tanah air seorang pesilat.
  5. Gerakan tanah yang mengarah ke atas menunjukkan doa seorang pesilat kepada Tuhan yang maha esa.
  6. Gerakan merangkap tangan di depan hidung sebagai sebagai penghormatan seorang pesilat kepada para pendekar atau penonton yang menonton.
  7. Gerakan IPSI sebagai penghormatan seorang pesilat.

Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang pencak silat dan berbagai macam gerakan yang sudah diciptakan IPSI. Gerakan-gerakan ini harus kamu lakukan dengan baik dan berurutan karena memiliki arti masing-masing. 7 gerakan ini adalah gerakan yang wajib dilakukan dalam setiap memulai gerakan. Selain itu, latihan yang baik dan rutin akan membuatmu semakin bisa dan sukses nantinya. [iwe]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini