3 Juta siswa siap gelar UN dengan komputer tahun 2017

Selasa, 31 Januari 2017 22:05 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
3 Juta siswa siap gelar UN dengan komputer tahun 2017 UNBK SMP. ©2016 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggelar ujian nasional berbasis komputer (UN BK) pada April mendatang. Setidaknya, ada 3 juta siswa di seluruh Indonesia yang akan mengikuti UNBK tahun 2017 ini.

Berdasarkan data yang disampaikan oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemendikbud Totok Supriyanto, hingga Januari 2017 sudah 3.110.227 peserta mengikuti UNBK.

"Ini meningkat dari periode yang sama pada bulan 2016 baru terdaftar 921.862 peserta," ujarnya dalam siaran pers, Selasa (31/1).

Sebanyak 90 persen SMK, dikatakan Totok, merupakan pelaksana UNBK. Sementara itu SMA baru 61 persen. Peningkatan ini dikarenakan banyaknya sekolah yang memutuskan untuk mengikuti UNBK di sekolah yang sudah memiliki fasilitas komputer.

Totok menambahkan, pelaksaan UNBK terbukti dapat menekan tingkat kecurangan dan kebocoran soal. Selain itu, penghematan anggaran juga berhasil dilakukan dengan metode ini.

"Karena tidam mencetak soal tentu dari sisi anggaran sangat menghemat. Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil kalau dihitung anggaranya besar sekali mencakup distribusi dan logistik soal ujian," tegasnya. [rnd]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Ujian Nasional
  3. Kemendikbud
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini