Honda Pede Konsumen Tidak Batalkan SPK, meski Inden All New HR-V Tiga Bulan

Rabu, 25 Mei 2022 10:22 Reporter : Syakur Usman
Honda Pede Konsumen Tidak Batalkan SPK, meski Inden All New HR-V Tiga Bulan All New Honda HR-V di Nusa Dua, Bali.. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - SUV kompak All New Honda HR-V mencatat pemesanan (SPK) 9.032 unit sejak peluncurannya hingga akhir bulan ini. Dari jumlah pemesanan tersebut, unit yang sudah didistribusikan kepada konsumennya sekitar 3.000 unit.

Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengatakan, bagi yang sudah memesan, ada masa tunggu atau inden 2-3 bulan kecuali model two tone atau varian tertentu karena butuh waktu lebih lama. Sebagai gambaran, yang memesan All New HR-V saat ini baru mendapat unitnya pada Agustus atau September.

Namun, Billy mengaku tidak khawatir soal masa inden ini yang mencapai tiga bulan ini, Sebab para pemesan SUV kompak andalan Honda ini memiliki banyak loyalis. Bahkan inden All New HR-V di pasar Jepang ada yang mencapai satu tahun alias 12 bulan untuk varian tertentu.

Bagaimana di Indonesia?

Menurut Billy, HPM yakin konsumen All New HR-V mau menunggu. Kami percaya konsumen tidak akan membatalkan pemesanan meski inden lama.

"Karakter konsumen mobil ini mau menunggu sebab mereka paham karakter SUV kompak ini. Mereka bukan tipe yang mencari pembaruan belaka," kata Billy saat menghadiri media test drive All New HR-V di Nusa Dua, Bali, kemarin.

Meski tidak khawatir, HPM tentu tidak tinggal diam untuk menambah pasokan unit dari pabrik guna mempercepat pengiriman All New HR-V kepada konsumennya.

Salah satu caranya adalah meminta kepada prinsipalnya di Jepang untuk menambahkan pasokan cip untuk unit All New HR-V untuk menambah voilume produksi. Saat ini pasokan cip untuk HR-V mencapai 1.500 unit per bulan.

"Honda Jepang menjanjikan menambah pasokan cip ke Indonesia. Prinsipal akan menambah pasokan cip jadi 1.700 unit pada Mei ini. Kemudian pada Juni akan bertambah menjadi 2.000 unit dan 3.000 unit pada Juli. Tujuannya supaya bisa mempercepat produksi sehingga pasokan ke konsumen lebih cepat pula," ujar.

all new honda hr v di sirkuit internasional mandalika lombok
©2022 Merdeka.com

Sebagai model global, Honda HR-V juga diproduksi di banyak negara selain Indonesia seperti Malaysia dan Jepang. Sehingga pasokan cip memang menjadi sangat penting. Honda HR-V merupakan model Medium SUV global dari Honda yang mencatat kesuksesan di berbagai negara. Hingga Desember 2021, Honda HR-V mencapai penjualan 3,5 juta unit di seluruh dunia.

All New Honda HR-V punya empat varian di pasar Indonesia. Varian tertinggi adalah All New HR-V Turbo RS seharga Rp 513,9 juta, sedangkan varian terendahnya All New HR-V S CVT Rp 362,9 juta (on the road Jakarta).

All New Honda HR-V diluncurkan di Indonesia pada 23 Maret tahun ini. Sebelum diluncurkan di Indonesia, generasi kedua Honda HR-V telah diperkenalkan di Jepang, Thailand dan Eropa dengan respons yang sangat baik dari konsumen. Bahkan dalam kurun waktu sebulan sejak diluncurkan di Jepang, Honda HR-V generasi kedua telah mencatatkan penjualan lebih dari 50.000 unit.

All New Honda HR-V telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan standar tinggi lainnya, seperti Honda LaneWatch, 4 Airbags, struktur rangka G-CON + ACETM dengan Side Impact Beam, teknologi pengereman ABS + EBD + BA, Hill Start Assist, Hill Descent Control, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, dan Emergency Stop Signal, serta Seatbelt Reminder untuk setiap baris kursi.

All New Honda HR-V mengusung Mesin 1.5L DOHC i-VTEC yang menghasilkan tenaga 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. All New Honda HR-V juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti Remote Engine Start, Walk-Away Auto Lock, Smart Entry System dan Auto Foldable Door Mirror dengan LED Turning Signal.

[sya]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini