Tips bersepeda jarak jauh untuk pemula

Senin, 5 November 2018 01:03 Reporter : Iwan Tantomi
Tips bersepeda jarak jauh untuk pemula © shutterstock

Merdeka.com - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk berolahraga dengan suasana yang menyenangkan. Sebagian orang memilih bersepeda, karena selain membuat badan bugar, banyak hal menarik yang bisa ditemui dalam perjalanan saat bersepeda. Bersepeda juga merupakan olahraga yang membuat pikiran segar karena kita berinteraksi langsung dengan alam.

Semakin lama menggeluti olahraga sepeda, biasanya seseorang akan merasa lebih tertantang melakukan perjalanan jarak jauh. Dengan jarak yang bertambah, tentunya tenaga pun akan lebih terkuras. Untuk para pemula, ini dia tips bersepeda jarak jauh yang bisa dicoba.

Konsumsi makanan berserat

Penting untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebelum mengayuh pedal sepeda. Jangan sampai bersepeda dengan perut kosong atau kekenyangan. Sebaiknya konsumsi makanan tinggi serat, seperti buah-buahan di malam hari. Serat yang tinggi, apalagi kaya mineral, akan menjadi suplemen alami untuk pasokan energi.

Kayuh sepeda dengan teknik yang benar

Cara yang salah dalam mengayuh sepeda, bisa menjadi faktor utama yang menguras energi dengan cepat. Maka itu, perlu mengayuh sepeda dengan teknik yang benar, yaitu 70 persen dari detak jantung. Untuk menentukan angka ini memang harus menggunakan alat detak jantung. Namun, kita bisa mengeceknya dengan cara termudah yaitu jika kita tak bisa menyelesaikan satu kalimat saat berbicara, itu tandanya kita terlalu ngoyo saat mengayuh.

Atur posisi gir sepeda

Performa pesepeda dipengaruhi oleh gir. Atur gir sesuai kenyamanan diri sendiri. Jika kayuhan terasa berat, segera ganti gir ke posisi yang lebih ringan agar tidak menyiksa diri sendiri.

Mengetahui kemampuan diri sendiri

Dalam bersepeda jarak jauh, soal persiapan fisik maupun alat memang penting. Tapi yang tak kalah pentingnya adalah mengetahui kemampuan diri sendiri. Bersepeda jarak jauh memang tak mudah, perlu banyak berlatih. Namun juga perlu untuk mengendalikan diri agar tidak berambisi mengayuh begitu cepat di awal yang berakibat kelelahan saat baru setengah perjalanan. Lalu, jangan memaksakan diri untuk mencapai target jika tubuh mulai melemah.

Itu dia beberapa tips bersepeda jarak jauh untuk pemula. Teruslah berlatih agar progressnya meningkat dengan baik. Ingin merambah olahraga bersepeda? #MulaiAjaDulu dari Tokopedia. Di Tokopedia, ada aneka sepeda baru/bekas yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, dari sepeda balap, sepeda gunung atau pun sepeda fixie terbaru. Jadi, sudah siap untuk mengayuh pedal sepedamu? [tmi]

Topik berita Terkait:
  1. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini