Perbedaan Metode dan Metodologi dari Berbagai Aspek, Pelajari Selengkapnya

Sabtu, 15 Januari 2022 12:26 Reporter : Edelweis Lararenjana
Perbedaan Metode dan Metodologi dari Berbagai Aspek, Pelajari Selengkapnya Ilustrasi buku. ©Shutterstock.com/Shai_Halud

Merdeka.com - Perbedaan metode dan metodologi penting diketahui terutama jika Anda adalah seorang akademisi atau pelajar yang berkutat dengan penulisan karya ilmiah. Banyak orang masih sulit membedakan metode dan metodologi, membuat penggunaannya pun menjadi salah tempat. Baik metode dan metodologi masing-masing memiliki pengertian yang berbeda.

Perbedaan metode dan metodologi bisa dilihat dari katanya. Asal kata keduanya pun berbeda. Oleh karena itu, pahami terlebih dahulu sebelum menggunakan kata-kata ini.

Berbeda dengan metode yang hanya terdiri dari satu kata yakni method yang artinya metode atau cara. Metodologi jelas terdiri dari dua kata yakni method dan logosyang artinya ilmu tentang metode.

Berikut adalah penjelasan selengkapnya mengenai perbedaan metode dan metodologi yang menarik untuk dipelajari, agar ke depannya Anda tidak lagi salah pakai atau salah persepsi. Simak penjelasan di bawah ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Metode

Sebelum mengetahui perbedaan metode dan metodologi. Ketahui dulu pengertian metode. Metode berasal dari bahasa Yunani “Metha” yang berarti melalui dan “Hodos” yang artinya cara, jalan, alat atau gaya. Dengan kata lain, metode memiliki pengertian jalan atau cara yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia susunan W.J.S. Poerwadarminta, dijelaskan bahwa “metode adalah cara yang teratur dan berpikir baik-baik untuk mencapai suatu maksud” Sedangkan dalam Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, pengertian metode adalah cara kerja yang sistematis untuk mempermudah sesuatu kegiatan dalam mencapai maksudnya.

Para ahli pun banyak yang mendefinisikan pengertian metode, di antaranya Purwadarminta dalam m Buku Sudjana S, Metode dan Tehnik Pembelajaran Partisipatif, menjelaskan bahwa metode adalah cara yang teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai suatu maksud.

Baik dan tidak baiknya sesuatu metode banyak tergantung kepada beberapa faktor. Dan faktor-faktor tersebut, mungkin berupa situasi dan kondisi serta pemakaian dari suatu metode tersebut. Oleh karena itu hendaknya seseorang mengetahui, mempelajari, serta mempraktikkan beberapa metode untuk memudahkan pengerjaan sesuatu.

3 dari 4 halaman

Pengertian Metodologi

Sebelum mengetahui perbedaan metode dan metodologi. Ketahui dulu pengertian metodologi.

Istilah metodologi berasal dari bahasa Yunani “metodos” dan “logos”. Kata “metodos” sendiri terdiri atas 2 suku kata yakni “metha” yang artinya melewati atau melalui, dan “hodos” yang artinya cara atau jalan. 

Dalam KBBI, kata metodologi berarti cara yang teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai maksud (dalam ilmu pengetahuan dan sebagainya); atau cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai suatu yang ditentukan.

Metode dapat digunakan pada berbagai objek, baik yang berhubungan dengan pemikiran maupun penalaran akal, atau menyangkut pekerjaan fisik. Jadi, dapat dikatakan bahwa metode adalah salah satu sarana yang amat penting untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Metodologi merupakan analisis teoritis sistematis dari metode yang diterapkan pada bidang studi. Ini terdiri dari analisis teoritis dari tubuh metode dan prinsip-prinsip yang terkait dengan cabang pengetahuan. Biasanya, ini mencakup konsep seperti paradigma, model teoritis, fase dan teknik kuantitatif atau kualitatif.

Metodologi juga merupakan studi tentang metode, pertimbangan filosofis dan analitis dasar untuk, kesesuaian dan batas logis dari berbagai pendekatan dan perspektif pada penelitian itu sendiri.

4 dari 4 halaman

Perbedaan Metode dan Metodologi

Melansir artikel yang dimuat dalam raharja.ac.id, dari pengertian masing-masing kata di atas, perbedaan metode dan metodologi dapat disimpulkan seperti di bawah ini;

Perbedaan Metode dan Metodologi Berdasarkan Etimolog;

Metode (method) berarti metode atau cara, sementara metodologi terdiri dari dua suku kata yaitu method dan logos yang artinya adalah ilmu tentang metode

Perbedaan Metode dan Metodologi Berdasarkan Pengertian;

Metode adalah “prosedur, teknik, atau langkah untuk melakukan sesuatu, terutama untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan metodologi adalah “prosedur ilmiah yang di dalamnya termasuk pembentukan konsep, preposisi, model, hipotesis, dan teori, termasuk metode itu sendiri.

Perbedaan Metode dan Metodologi Berdasarkan Sifat;

Metode adalah hal yang bersifat khusus. Metode lebih berkaitan dengan teknis saja dari keseluruhan yang dibahas dalam metodologi.

BACA JUGA:
{news_title}

Sementara itu, metodologi adalah sesuatu yang bersifat umum. Metodologi merupakan sistem panduan untuk memecahkan persoalan, dengan komponen spesifiknya adalah bentuk, tugas, metode, teknik dan alat.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini