Mengenal Jenis-jenis Eksim Beserta Cara Mengatasinya, Menarik Diketahui

Jumat, 16 April 2021 20:45 Reporter : Edelweis Lararenjana
Mengenal Jenis-jenis Eksim Beserta Cara Mengatasinya, Menarik Diketahui ilustrasi eksim. ©stamfordskin.com

Merdeka.com - Eksim adalah sebutan untuk sekelompok kondisi yang menyebabkan kulit menjadi gatal, meradang, dan merah pada pemilik warna kulit terang. Sementara pada pemilik warna kulit yang lebih gelap, eksim biasanya berwarna cokelat, ungu, abu-abu, atau pucat. Eksim adalah salah satu gangguan kulit yang sangat umum.

Eksim bukanlah penyakit menular. Meskipun penyebab pasti eksim masih belum diketahui, para peneliti menyatakan bahwa seseorang bisa mengembangkan eksim karena kombinasi gen dan pemicu lingkungan, dilansir darinationaleczema.org.

Ketika suatu iritan atau alergen dari luar atau dalam tubuh “menyalakan” sistem kekebalan, hal ini akan menghasilkan peradangan. Peradangan inilah yang menyebabkan gejala umum pada sebagian besar jenis eksim. Seseorang dapat memiliki lebih dari satu jenis eksim di tubuh pada saat yang bersamaan.

Setiap bentuk eksim memiliki pemicu dan persyaratan pengobatannya sendiri, itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan yang berspesialisasi dalam mengobati eksim terlebih dahulu.

Berikut ini adalah uraian selengkapnya mengenai jenis-jenis eksim yang perlu Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: 1 Dermatitis Atopik...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini