Cara Merebus Daun Sirsak yang Benar, Ketahui Manfaatnya bagi Kesehatan

Jumat, 9 April 2021 15:00 Reporter : Edelweis Lararenjana
Cara Merebus Daun Sirsak yang Benar, Ketahui Manfaatnya bagi Kesehatan Ilustrasi daun sirsak. ©2017 pinterest.com

Merdeka.com - Sirsak adalah buah berdaging putih yang berasal dari Amerika Tengah dan populer juga di Indonesia. Sirsak cukup banyak tumbuh di berbagai wilayah Indonesia, dan menjadi salah satu jenis buah yang cukup mudah dijumpai dijual di pasar tradisional maupun supermarket.

Daging buah sirsak hingga daunnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Daun sirsak bahkan telah termasuk dalam ramuan tradisional yang ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit, seperti menurunkan tekanan darah.

Daun sirsak diketahui memiliki kandungan acetogenin yang merupakan senyawa aktif guna membunuh racun dalam tubuh. Actogenin akan menghambat pertumbuhan ATP (Adenosina trifosfat) yang merupakan sumber energi perkembangan sel kanker.

Berikut manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh dan cara merebus daun sirsak secara baik dan benar, yang perlu untuk Anda ketahui.

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Sirsak

Melansir dari laman resmi RSUD Bulukumba, buah sirsak diketahui mengandung karbohidrat (terutama fruktosa), vitamin C, B1, dan B2. Selain buahnya, daun sirsak juga mengandung banyak manfaat kesehatan apabila diolah dengan benar. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun sirsak yang paling utama:

1. Bantu Obati Kanker

Daun sirsak diketahui dapat membantu menghambat sel kanker. Manfaat ini berasal dari kandungan acetogenin yang terdapat pada daun sirsak. Actogenin adalah zat antikanker yang sangat kuat. Acetogenin sendiri merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik di dalam tubuh dengan cara menghambat pertumbuhan sel kanker.

Daun sirsak bekerja dengan cara yang hampir sama dengan obat kemoterapi. Daun ini mampu menghambat aktivitas pembelahan DNA pada sel kanker, membuatnya sulit untuk tumbuh dan berkembang. Anda dapat mengonsumsi air rebusan daun sirsak untuk mendapatkan manfaat ini.

2. Bantu Obati Kolesterol

Daun sirsak memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang mampu membantu mencegah dan menurunkan kadar kolesterol. Dengan adanya antioksidan ini, kandungan kolesterol di dalam tubuh dapat lebih terkontrol. Anda bisa mengonsumsi daun sirsak dengan cara merebusnya dengan air dan meminumnya setiap hari.

3. Bantu Obati Sariawan

Manfaat daun sirsak yang lainnya untuk membantu mengobati sariawan. Cara konsumsinya adalah dengan menumbuk daun sirsak secukupnya, kemudian rebus dan minum air rebusannya. Dijamin, sariawan yang Anda derita akan mengecil dan sembuh dengan segera.

4. Bantu Obati Asam Urat

Daun sirsak juga termasuk dalam salah satu jenis obat herbal yang dapat digunakan untuk menyembuhkan asam urat. Daun sirsak diketahui memiliki kandungan yang terbukti efektif untuk mengatasi penyakit yang satu ini.

Ambillah 6 sampai 10 helai daun sirsak dan potong menjadi beberapa bagian. Rebus daun sirsak ini dengan 2 sampai 3 gelas air. Tunggu hingga rebusan air tinggal setengahnya saja. Konsumsilah dalam keadaan hangat atau dingin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

5. Bantu Obati Jerawat

Daun sirsak ternyata juga berguna untuk merawat kecantikan kulit wajah dari jerawat. Jerawat adalah hal yang menakutkan bagi banyak wanita. Berbagai cara akan dilakukan untuk menghilangkan serangan jerawat yang membandel ini di wajah.

Di sisni, daun sirsak dapat digunakan sebagai masker wajah yang dipercaya dapat menghilangkan jerawat secara tradisional. Caranya, ambil 6 lembar daun sirsak, kemudian tumbuk halus. Campurkan air mawar pada tumbukan daun lalu gunakan sebagai masker. Gunakan secara teratur sebelum tidur untuk mendapatkan hasil terbaik.

6. Bantu Obati Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi di mana cairan darah dalam tubuh menekan dinding arteri dengan kuat sehingga berdampak buruk pada kesehatan. Di sini, daun sirsak berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah.

Zat antioksidan yang terdapat pada daun sirsak mampu melenturkan pembuluh darah agar berjalan dengan lebih lancar. Cara menggunakannya adalah, rebus 8 helai daun sirsak bersama dengan 3 gelas air. Konsumsi air rebusan ini pada pagi dan malam hari, dan minum 3 kali seminggu.

3 dari 4 halaman

Cara Merebus Daun Sirsak

Setelah mengetahui manfaat luar biasa yang ditawarkan oleh daun sirsak, Anda juga perlu tahu bagaimana cara merebus daun sirsak secara baik dan benar. Hal ini agar manfaat kesehatannya bisa Anda dapatkan secara maksimal. Dilansir dari fimela.com, ini di beberapa cara merebus daun sirsak yang benar:

1. Untuk menghilangkan kutu

Daun sirsak ternyata sangat beracun bagi serangga dan parasit. Untuk itu, daun sirsak secara tradisional digunakan untuk membasmi kutu dan ketombe dari kulit kepala. Cara merebus daun sirsak untuk mengatasi permasalahan ini adalah, rebus daun sirsak secukupnya lalu gunakanlah hasil air rebusan daun tersebut untuk mencuci rambut.

2. Untuk tingkatkan kesuburan

Daun sirsak juga terbukti dapat membantu meningkatkan produksi jumlah sperma pada pria dan memperkuat rahim pada wanita. Cara merebus daun sirsak untuk masalah ini adalah, pilih beberapa lembar daun sirsak lalu cuci hingga bersih. Rebus bersama dengan beberapa gelas air hingga mendidih, dan konsumsi air rebusannya.

3. Untuk kolesterol

Bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi, Anda bisa mengatasi atau mengobatinya dengan menggunakan daun sirsak. Cara merebus daun sirsak adalah, siapkan 10 lembar daun sirsak, pilihlah yang agak tua. Cuci bersih dan rebus dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa 1/2 nya saja. Air rebusan ini bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin setiap pagi agar manfaatnya cepat dirasakan.

4. Untuk kista ovarium

Kista ovarium adalah kondisi yang biasanya dialami oleh wanita. Jika tidak segera diobati, kista ovarium dapat berkembang menjadi kanker. Anda tentu tak mau hal ini terjadi bukan? Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun sirsak. Cara merebus daun sirsak untuk hal ini hampir sama dengan yang di atas.

Caranya, rebus 10 lembar daun sirsak yang baru saja dipetik dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga airnya tersisa 1/2. Air rebusan ini bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin setiap pagi.

5. Untuk asam urat

Selain mengobati kanker, daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati asam urat. Mirip dengan cara kerja mengobati sel kanker, kandungan pada daun sirsak seperti acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat bermanfaat untuk mengobati asam urat.

Cara merebus daun sirsak adalah, siapkan 10 lembar daun sirsak (pilih yang agak tua) dan rebus dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa 1/2. Minum dalam keadaan hangat atau dingin setiap pagi hari.

6. Untuk kanker

Ini adalah salah satu manfaat daun sirsak yang membuatnya terkenal. Daun sirsak dapat menghambat sel kanker secara lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan kemoterapi. Hal ini karena acetogenin mampu mengobati dan menyembuhkan pasien yang mengidap kanker. Acetogenin pada sirsak sangat kuat dengan kekuatan melawan sel kanker 10.000 kali lebih kuat dari adriamycin.

Cara merebus daun sirsak untuk mengobati kanker ini adalah, rebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air mineral. Tunggu hingga airnya hanya tersisa 1/2nya saja. Air rebusan bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minumlah air rebusan ini setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

4 dari 4 halaman

Efek Samping Daun Sirsak

Setelah mengetahui manfaat dan cara merebus daun sirsak, Anda juga harus memerhatikan efek samping yang bisa didatangkan oleh konsumsinya. Meskipun diketahui ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit, daun sirsak juga memiliki efek samping bagi kesehatan. Daun ini sangat tidak dianjurkan bagi seseorang yang memiliki kriteria berikut:

  1. Tengah menjalani pengobatan untuk diabetes.
  2. Memiliki tekanan darah atau kadar trombosit yang rendah.
  3. Hendak menjalani pemeriksaan pencitraan dengan teknologi nuklir (nuclear imaging).
  4. Menderita penyakit Parkinson, gangguan ginjal, atau gangguan hati.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini