Cara Menenangkan Hati yang Sedih, Lakukan Ini

Kamis, 6 Oktober 2022 13:15 Reporter : Edelweis Lararenjana
Cara Menenangkan Hati yang Sedih, Lakukan Ini Ilustrasi sedih. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Kesedihan adalah emosi yang umum dirasakan oleh seluruh manusia. Dan setiap orang rupanya punya cara menenangkan hati yang sedih ini. Rasa sedih dapat terjadi karena berbagai alasan dalam berbagai kesempatan.

Seseorang bisa saja sedih karena kehilangan pekerjaan, ditinggalkan oleh orang yang dicintai, gagal dalam suatu tugas, dan masih banyak alasan lainnya.

Rasa sedih ditandai dengan suasana hati yang rendah hingga suram dan merupakan sebuah emosi yang bersifat universal. Kesedihan adalah respons terhadap sesuatu yang mengecewakan atau mengecilkan hati, dan menyebabkan perasaan negatif lainnya.

Kesedihan dapat terjadi dengan sendirinya tanpa bisa dicegah. Namun, emosi ini juga biasanya berkurang dan hilang dengan berlalunya waktu, aktivitas perawatan diri, atau setelah melakukan sesuatu yang disukai untuk menghibur diri.

Berikut adalah beberapa cara menenangkan hati yang sedih untuk Anda coba, agar Anda tak tenggelam berlarut-larut dalam emosi yang satu ini dikutip dari CDC dan PsychologyToday.

2 dari 3 halaman

1. Hindari Merenung Berlebihan

Cara menenangkan hati yang sedih adalah dengan menghindari aktivitas merenung terlalu lama. Merenung dapat membuat Anda terjebak dalam skenario imajinatif di dalam kepala, membuat Anda memikirkan semua hal negatif yang salah atau bisa salah.

Merenung adalah ciri utama depresi dan berkontribusi pada begitu banyak perasaan sedih yang tidak perlu. Itulah mengapa mengalahkan kecenderungan untuk merenung adalah langkah awal yang penting untuk melewati kesedihan.

Untuk menghentikan aktivitas merenung, gunakan tubuh Anda untuk melakukan beberapa aktivitas fisik yang cukup intens sehingga Anda tidak dapat berpikir selama beberapa menit seperti olahraga, bersih-bersih, atau semacamnya.

2. Bayangkan Masa Depan yang Cerah

Membayangkan masa depan yang cerah dan bersinar adalah cara menenangkan hati yang sedih selanjutnya. Jika sesuatu yang membuat sedih terjadi pada diri, Anda mungkin menjadi rentan terhadap kesedihan dan hanya memikirkan hal-hal terburuk yang bisa terjadi.

Hal ini terjadi karena dengan memikirkan hasil buruk, Anda merasa dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk menghadapinya. Namun, kecenderungan ini justru hanya membuat Anda merasa lebih buruk dalam jangka panjang. Kesedihan dapat meningkat menjadi segala macam emosi negatif lainnya.

Jadi, cobalah untuk membayangkan masa depan yang lebih cerah, meskipun hanya dalam latihan atau angan-angan untuk membantu otak Anda menembus perasaan sedih tersebut.

3. Kembangkan mindfulness

Mindfulness melibatkan refleksi diri untuk mendapatkan kesadaran dan penerimaan pikiran dan emosi. Perhatian penuh atau mindfulness dapat membatalkan gaya berpikir negatif yang menghasilkan kesedihan yang berlebihan, sehingga dapat menjadi salah satu cara menenangkan hati yang sedih berikutnya.

Untuk melatih keterampilan ini, berhentilah sejenak dan perhatikan emosi negatif Anda dan cobalah untuk mendekatinya dengan rasa ingin tahu alih-alih menghakimi. Cari tahu akar permasalahan yang membuat Anda sedih dan mulailah untuk memperbaikinya.

4. Penilaian ulang kognitif

Penilaian ulang adalah strategi pengaturan emosi yang dapat Anda gunakan untuk menafsirkan kembali situasi sedih dengan cara yang lebih positif (atau kurang negatif). Penilaian ulang memang nampak sulit dilakukan oleh banyak orang, dan jika Anda kesulitan melihat hikmahnya, ini dapat berkontribusi pada tingkat kesedihan dan depresi yang lebih tinggi.

Untungnya, Anda bisa meningkatkan keterampilan dalam hal penilaian ulang. Anda hanya perlu berlatih untuk memikirkan apa yang terbaik dalam sebuah situasi. Dengan menggunakan metode penilaian ulang, Anda dapat menghentikan perasaan sedih yang menggerogoti.

3 dari 3 halaman

5. Baca Buku Self-Help

Membaca buku atau literatur self-help tentang bagaimana cara menenangkan hati yang sedih juga dapat Anda lakukan. Ada begitu banyak strategi berbasis sains yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan kesedihan.

Dengan membaca buku-buku self-help, Anda dapat mulai mempelajari dan menerapkan strategi-strategi ini ke dalam hidup Anda. Belilah beberapa buku self-help berkualitas tinggi atau ikuti program online untuk meningkatkan kebahagiaan dan pelajari keterampilan yang Anda butuhkan untuk mengurangi perasaan sedih Anda.

6. Tingkatkan serotonin

Jumlah serotonin yang rendah terkait dengan depresi dan kesedihan. Jadi, bagaimana caranya agar Anda bisa meningkatkan serotonin ini? Salah satu cara cepat adalah dengan mengonsumsi karbohidrat.

Ya, ternyata perasaan hangat yang didapatkan saat Anda mengonsumsi karbohidrat sebagian besar berasal dari serotonin yang terkandung di dalam makanan-makanan tersebut.

Cara lain untuk meningkatkan serotonin adalah dengan mengonsumsi suplemen 5-HTP secara berhati-hati setelah konsultasi dengan awak medis, yang dapat membantu meningkatkan serotonin dalam tubuh. Latihan aerobik juga dapat berkontribusi pada tingkat serotonin yang lebih tinggi.

7. Kurangi konsumsi gula

Tahukah Anda bahwa asupan gula yang lebih besar terkait dengan tingkat depresi yang lebih tinggi? Anda pasti sudah paham bahwa konsumsi gula berlebih sangat berdampak buruk bagi kesehatan fisik. Namun, gula ternyata juga buruk bagi kesehatan mental. Jadi, cobalah untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi gula jika Anda sedang bergumul dengan perasaan sedih.

8. Jangan terobsesi dengan perasaan sedih

Merasa sedih memang dapat membuat kesal sebagian orang. Untuk itu, Anda tak boleh membiarkan diri menjadi terobsesi dengan hal itu. Jika Anda terlalu fokus pada kurangnya kebahagiaan dan khawatir terjebak dalam kesedihan, Anda hanya akan memperburuk keadaan.

Jadi, cobalah untuk fokus pada tindakan yang dapat Anda ambil dan hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk merasa lebih baik, daripada berfokus secara khusus pada perasaan sedih yang ada.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini