Cara Main Uno Stacko untuk Anda yang Baru Mengetahuinya

Minggu, 15 Maret 2020 16:00 Reporter : Vinna Wardhani
Cara Main Uno Stacko untuk Anda yang Baru Mengetahuinya UNO Stacko. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Permainan UNO kini tegah menjadi salah satu permainan paling digandrungi. Biasanya permainan ini dimainkan pada saat berkumpul dengan teman-teman. Banyak juga warung kopi yang menyediakan permainan ini untuk menghidupkan pertemuan para pelanggan.

Ada beberapa jenis permainan UNO, di antaranya UNO kartu dan UNO Stacko. Sesuai dengan namanya, UNO kartu menggunakan komponen kertas kartu untuk dimainkan. Sedangkan UNO Stacko menggunakan komponen balok-balok yang disusun.

Jika Anda baru mengetahui permainan UNO Stacko, berikut cara bermain UNO Stacko untuk Anda. Namun sebelum bermain, ada baiknya Anda mengetahui komponen apa saja yang terdapat dalam permainan UNO Stacko.

2 dari 4 halaman

Jenis dan Komponen Balok UNO Stacko

Jenis Balok UNO Stacko
Seperti layaknya permainan UNO kartu, UNO Stacko juga memiliki beberapa jenis balok. Balok-balok tersebut memiliki kegunaan masing-masing. Berikut jenis-jenis balok dalam UNO Stacko.

  • Balok Angka, balok yang memiliki angka pada masing-masing sisinya. Angka pada balok UNO Stacko ini dimulai dari angka 1 hingga 4. Angka-angka tersebut terdapat pada 4 warna yang berada di permainan UNO Stacko, yakni biru, kuning, merah, dan hijau.
  • Balok Skip, balok dengan lambang lingkaran yang dicoret pada tiap sisinya. Hal ini berarti bahwa pemain selanjutnya tidak akan mendapatkan giliran atau dilewati dalam satu giliran tersebut.
  • Balok Turn Around atau Reverse, balok yang memiliki simbol dua panah yang saling berlawanan arah. Hal ini menandakan bahwa giliran pemain akan diputar balik.
  • Balok Wild, balok dengan warna ungu ini dapat diambil kapan saja oleh para pemain. Nantinya, orang yang mengambil balok ungu ini akan menentukan warna apa yang perlu diambil oleh pemain selanjutnya.
  • Balok Draw 2, balok dengan lambang dua kotak pada tiap sisinya. Hal ini menandakan bahwa pemain selanjutnya harus mengambil 2 balok dengan warna yang sama pada balok draw 2 block ini.


Komponen Balok UNO Stacko
Setelah Anda mengetahui jenis-jenis balok dalam UNO Stacko, kini saatnya Anda mengenal komponen-komponen yang ada ada UNO Stacko. Berikut komponen-komponen tersebut:

  • 4 Balok Skip
  • 1 Balok Wild
  • 8 Balok Biru
  • 4 Balok Draw two
  • 4 Balok Reverse
  • 8 Balok Merah
  • 8 Green Balok Hijau
  • 8 Yellow Balok Kuning
3 dari 4 halaman

Cara Bermain UNO Stacko

Anda dapat memberikan peraturan-peraturan sesuai yang Anda sepakati dengan teman-teman. Namun kira-kira ada beberapa cara seperti yang dijelaskan di bawah ini.

  1. Pemain yang mengambil balok hanya diperbolehkan menggunakan satu tangan saja. (Bahkan, ada aturan yang hanya memperbolehkan menggunakan dua jari saja)
  2. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ketika balok-balok bersimbol digunakan oleh pemain lain, maka pemain selanjutnya wajib untuk mengikuti aturan yang berlaku pada masing-masing simbol.
  3. Balok yang diizinkan diambil oleh para pemain adalah balok pada susunan bawah, balok pada level 1,2, dan 3 pada bagian atas tidak diizinkan untuk diambil.
  4. Balok pertama yang diambil oleh pemain awal harus balok yang mengandung angka (dilarang keras mengambil balok bersimbol).
  5. Pemain yang meruntuhkan susunan menara diharuskan menyusun dan menata kembali menara agar dapat dimainkan kembali.
4 dari 4 halaman

Cara MAin UNO Stacko Sederhana

Ada pula cara bermain UNO Stacko yang sederhana. Anda dapat membacanya di bawah ini.

Menyusun UNO Stacko

Cara main UNO Stacko kayu yang pertama adalah menyusunnya terlebih dahulu. Cara penyusunannya, kamu bariskan 3 balok secara acak pada masing-masing tingkatan atau level. Susunan balok dilakukan secara menyilang antara baris satu dan selanjutnya, begitu seterusnya.

Cara main UNO Stacko kayu

Setelah menyusun semuanya, kamu bisa mulai menerapkan cara main UNO Stacko kayu ini. UNO Stacko sendiri dapat dimainkan oleh 2 hingga 10 pemain. Jadi, jika kamu memiliki teman yang cukup banyak, permainan ini dapat menjadi salah satu rekomendasi yang sangat menyenangkan.

  1. Pemain pertama harus mengambil balok pada bagian bawah ataupun tengah.
  2. Setelah balok tersebut diambil, maka pemain tersebut harus meletakkan kembali balok tersebut di bagian atas menara.
  3. Pemain berikutnya harus mengambil balok dengan warna ataupun angka yang sama dengan yang diambil oleh pemain sebelumnya.
  4. Permainan terus berlanjut hingga salah satu pemain merobohkan atau meruntuhkan menara UNO Stacko.

[vna]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jatim
  3. Ragam
  4. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini