Bacaan Doa Disembuhkan dari Penyakit Sesuai Al-Qur'an, Umat Islam Wajib Tahu

Senin, 26 Juli 2021 14:00 Reporter : Edelweis Lararenjana
Bacaan Doa Disembuhkan dari Penyakit Sesuai Al-Qur'an, Umat Islam Wajib Tahu Ilustrasi berdoa. ©Shutterstock

Merdeka.com - Setiap manusia pasti akan merasakan sakit pada suatu titik dihidupnya. Bagi umat beragama, sakit merupakan waktu di mana pertolongan dari Tuhan sangat diharapkan. Umat Islam bahkan dianjurkan untuk selalu meminta pertolongan kepada Allah SWT di setiap saat, tak hanya di kala sakit saja.

Dalam meminta kesembuhan kepada Allah SWT, terdapat bacaan-bacaan doa yang bisa dipanjatkan. Doa disembuhkan dari penyakit ini adalah doa yang selalu dipanjatkan oleh Rasulullah SAW baik untuk dirinya sendiri maupun untuk keluarga dan sahabat-sahabatnya. Salah satu doa disembuhkan dari penyakit ini dilafazkan Rasulullah SAW kepada Sa’ad bin Abi Waqqasah.

Berikut beberapa bacaan doa disembuhkan dari penyakit sesuai dengan yang tertera di dalam Al-Qur'an dan yang dilafazkan oleh Rasulullah SAW, melansir dari liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Disembuhkan dari Penyakit untuk Diri Sendiri

Doa disembuhkan dari penyakit yang pertama dapat Anda baca jika ingin memohon kesembuhan dari Allah SWT untuk diri Anda sendiri. Doa disembuhkan dari penyakit ini terdapat dalam satu riwayat di Al-Qur’an, yang mengisahkan tentang Nabi Ayyub AS.

Semasa hidupnya, nabi Ayyub AS diuji oleh Allah SWT dengan penderitaan berupa penyakit yang tak sembuh selama bertahun-tahun. Meski demikian, nabi Ayyub AS tak pernah menyerah dan terus memohon kesembuhan dengan selalu memanjatkan doa disembuhkan dari penyakit kepada Allah SWT.

Bacaan doa disembuhkan dari penyakit oleh nabi Ayyub AS terabadikan dalam Al-Qur’an Surat Al Anbiyaa ayat 83 yang berbunyi;

"Robbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar roohimiin."

Artinya: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang."

Selain itu, terdapat bacaan doa disembuhkan dari penyakit lainnya yang berbunyi:

"Bismillah, bismillah, bismillah. U'idzuka bi izzatillahi wa qudratihi min syarri ma ajidu wa uhadziru. As’alullahal 'adhima rabbal 'arsyil 'adhim an yasyfiyaka."

Artinya: "Dengan nama Allah, dengan nama Allah, dengan nama Allah, aku lindungi kamu berkat kemuliaan Allah dan qudrah-Nya dari kejahatan barang yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan. Aku memohon kepada Allah Yang Maha Besar, Tuhan Arasy yang maha besar agar Dia menyembuhkanmu."

3 dari 4 halaman

Doa Disembuhkan dari Penyakit untuk Orang Lain

Selain membaca doa untuk kesembuhan diri sendiri, berikut doa disembuhkan dari penyakit yang bisa Anda lafazkan untuk orang lain seperti keluarga, kerabat ataupun sahabat.

Dalam Islam, Rasulullah SAW mengajarkan untuk menjenguk sahabat yang sedang sakit. Selain itu, Rasulullah SAW juga selalu melantunkan bacaan doa disembuhkan dari penyakit untuk orang yang sedang dijenguknya ini.

Berikut salah satu bacaan doa disembuhkan dari penyakit untuk orang lain yang dibaca oleh Rasulullah SAW, sebagaimana diriwayatkan dalam Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA:

"Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman."

Artinya: "Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri."

Selain doa di atas, ada juga bacaan doa disembuhkan dari penyakit lainnya yang dibaca oleh Rasulullah SAW ketika sedang menggrukiyah salah seorang sahabat. Rukiyah merupakan sebuah proses penyembuhan melalui ayat-ayat Al-Qur’an. Berikut bacaan doanya:

"Imsahil ba’sa rabban nasi. Bi yadikas syifa’u. La kasyifa lahu illa anta."

Artinya, "Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau."

4 dari 4 halaman

Doa Disembuhkan dari Penyakit dan Diberi Ampunan

Membaca doa disembuhkan dari penyakit bisa Anda lafadzkan berbarengan dengan doa agar diberi pengampunan oleh Allah SWT.  Rasulullah SAW kerap menyebut nama orang yang sedang sakit ketika membacakan doa untuknya.

Seperti saat beliau menjenguk Sa’ad bin Abi Waqqasah, Rasulullah menyebut nama Sa’ad ketika sedang melantunkan bacaan doa agar diberi kesembuhan dan pengampunan. Anda hanya perlu mengganti nama Sa’ad dengan nama orang yang sedang sakit untuk membacanya. Berikut bacaan doanya;

"Allahummasyfi Sa‘dan. Allahummasyfi Sa‘dan. Allahummasyfi Sa‘dan."

Artinya, "Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad."

Berikut adalah bacaan doa disembuhkan dari penyakit sekaligus doa untuk memohon pengampunan lainnya yang dibaca oleh Rasulullah SAW saat menjenguk sahabatnya, Salman Al-Farisi RA:

"Syafakallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘afāka fī dīnika wa jismika ila muddati ajalika."

Artinya, "Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia."

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini