6 Tips Mencegah Bau Badan Secara Mudah dan Ampuh, Lakukan Hal-Hal Berikut Ini

Senin, 24 Mei 2021 15:35 Reporter : Edelweis Lararenjana
6 Tips Mencegah Bau Badan Secara Mudah dan Ampuh, Lakukan Hal-Hal Berikut Ini Ilustrasi bau badan. © Istimewa

Merdeka.com - Bau badan terjadi ketika keringat bertemu dengan bakteri di permukaan kulit dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Berkeringat adalah cara tubuh mengatur suhu. Meskipun keringat itu sendiri hampir tidak berbau, bakteri menggunakannya sebagai tempat berkembang biak dengan cepat.

Yang tercium sebagai bau adalah produk yang berhubungan dengan pemecahan bakteri dari protein keratin di permukaan kulit Anda. Kata lain untuk bau badan adalah bromhidrosis. Bau badan dimulai saat pubertas karena meningkatnya hormon yang disebut androgen. Hormon-hormon ini tidak aktif sampai masa pubertas.

Itulah mengapa, bau badan tidak menjadi masalah saat seseorang masih kecil. Begitu hormon ini aktif, beberapa hal yang bisa membuat bau badan semakin parah, di antaranya adalah olahraga berat, cuaca hangat atau panas, kelebihan berat badan, perubahan hormon, kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes, penyakit hati, atau penyakit ginjal dan beberapa obat, seperti antidepresan.

Beberapa makanan berlemak dan berminyak, atau makanan berbau menyengat seperti bawang putih, kari, dan bawang bombay juga dapat meresap melalui pori-pori dan menyebabkan bau badan. Berikut ini adalah beberapa tips mencegah bau badan secara mudah dan cepat yang bisa Anda lakukan, melansir dari webmd.com.

Baca Selanjutnya: 1 Mandi dengan Sabun Antibakteri...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini