6 Penyebab Rambut Kering dan Mudah Patah, Ketahui Cara Mengatasinya

Senin, 5 Desember 2022 19:00 Reporter : Edelweis Lararenjana
6 Penyebab Rambut Kering dan Mudah Patah, Ketahui Cara Mengatasinya ilustrasi rambut. pexels

Merdeka.com - Kondisi rambut kering berkembang ketika rambut tidak mendapatkan atau tidak bisa mempertahankan kelembapan yang cukup. Rambut kering dapat mengurangi kemilau, membuatnya tampak kusut dan kusam. Anda pasti tak mau kan, memiliki tampilan rambut yang seperti ini?

Rambut terdiri dari tiga lapisan. Jika rambut sehat, minyak alami di lapisan luar membantu melindungi lapisan dalam. Minyak ini juga membantu memantulkan cahaya, membuat rambut tampak berkilau. Kilau adalah salah satu tanda penting dari rambut yang sehat.

Rambut kering biasanya juga terjadi bersamaan dengan rambut yang mudah patah. Kondisi rambut seperti ini dapat memengaruhi pria dan wanita dari segala usia. Lantas, apa sebenarnya yang menjadi penyebab rambut kering dan mudah patah ini? Berikut selengkapnya.

2 dari 3 halaman

Penyebab Rambut Kering dan Mudah Patah

Berbagai faktor dapat menjadi penyebab rambut kering, antara lain kondisi lingkungan, kebiasaan dalam merawat rambut, dan kesehatan fisik Anda. Beberapa kondisi lingkungan juga dapat berkontribusi terhadap penyebab rambut kering. Dilansir dari webmd.com dan healthline.com, berikut 6 penyebab rambut kering dan mudah patah yang paling utama:

1. Kurang Perlindungan

Penyebab rambut kering yang paling pertama tentu adalah kurangnya perlindungan. Setiap helai rambut yang sehat memiliki lapisan pelindung yang disebut kutikula. Kutikula melindungi rambut dari panas dan kerusakan akibat sinar matahari.

Dalam kutikula yang sehat, lapisan-lapisannya saling menempel erat dan menjaga kelembapan. Saat lapisan kutikula terpisah dan terkelupas dari rambut, kutikula tidak dapat menahan kelembapan dan minyak sehingga rambut akan menjadi kering dan mudah patah. 

ilustrasi rambut
Unsplash

2. Menggunakan Produk Perawatan Rambut yang Salah

Penggunaan produk perawatan rambut yang salah adalah penyebab rambut kering yang kedua. Menggunakan produk perawatan rambut yang tidak diformulasikan untuk jenis rambut Anda dapat menimbulkan konsekuensi, seperti kekeringan. Untuk itu, saat memilih sampo dan kondisioner hendaklah selalu periksa label produknya.

Hindari produk yang mengandung alkohol, yang dapat menghilangkan minyak dan kelembapan alami rambut Anda. Carilah produk yang diformulasikan dengan minyak perawatan rambut yang menutrisi seperti minyak alpukat, minyak argan, atau minyak kelapa yang baik untuk rambut kering.

3. Keramas Berlebihan

Mencuci rambut atau keramas secara berlebihan adalah penyebab rambut kering yang ketiga. Menjaga kebersihan rambut memang penting, tetapi mencuci rambut terlalu sering justru dapat menghilangkan kandungan minyak alaminya.

Tipe rambut keriting umumnya tak begitu gampang kering. Jadi bagi Anda pemilik rambut keriting, keramas sekali atau dua kali saja dalam seminggu sudahlah cukup. Gunakan deep conditioner yang lembut untuk menjaga agar rambut tetap terlihat dan terasa ternutrisi.

Setelah keramas, tepuk (jangan digosok) rambut hingga kering. Ini akan membantu mencegah hilangnya kelembapan tambahan di rambut.

4. Penggunaan Alat Styling Panas secara Berlebihan

Apakah Anda suka menggunakan catokan atau pengeriting rambut setiap harinya? Jika iya, perlu diketahui bahwa menerapkan terlalu banyak panas saat menata rambut adalah penyebab rambut kering dan mudah patah berikutnya.

Hindari penggunaan alat styling rambut yang panas setiap hari, karena alat-alat ini dapat menghilangkan kelembapan alami rambut. 

5. Penggunaan Pewarna Rambut yang Berlebihan

Bahan kimia keras yang biasa ditemukan dalam pewarna rambut dapat mengangkat minyak alami yang dibutuhkan rambut agar tetap terlihat berkilau dan sehat. Sehingga rambutpun akan tampak kering, kusam dan mudah patah. Untuk itu jika Anda mewarnai rambut secara teratur, carilah sampo dan kondisioner lembut yang diformulasikan khusus untuk rambut diwarnai.

6. Faktor Lingkungan

Penyebab rambut kering yang ke enam adalah karena faktor lingkungan. Paparan sinar matahari yang berlebihan, panas yang ekstrem, angin dingin, dan kelembapan rendah dapat merusak rambut. Kurangi risiko kerusakan rambut akibat faktor lingkungan ini dengan mengenakan topi pada hari yang panas atau saat ke pantai.

Jika Anda berenang di kolam yang diklorinasi atau di laut, lindungi rambut dengan topi renang. Bilas rambut sebelum (dan segera setelah) berenang untuk membantu mencegah rambut menyerap semua air yang mengandung klorin dan garam.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Rambut Kering dengan Perawatan Rumahan

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi penyebab rambut kering yang dapat dilakukan sendiri di rumah, yakni:

1. Kurangi frekuensi keramas. Cucilah rambut sekali atau dua kali seminggu, jangan setiap hari karena hal ini dapat membuat rambut kehilangan kandungan minyak alaminya.

2. Gunakan sampo berbahan ringan. Produk yang dibuat khusus untuk membantu mencegah penyebab rambut kering dan rontok biasanya memiliki lebih sedikit kandungan detergen, yang berkontribusi pada kondisi kekeringan rambut.

3. Gunakan kondisioner. Jangan lupa, setiap usai keramas gunakan kondisioner. Pilih kondisioner yang melembapkan, yang akan membuat kutikula rambut tetap rata sehingga menahan minyak alami.

4. Hindari alkohol. Alkohol dapat mengeringkan rambut, jadi pilihlah produk rambut yang tidak mengandung alkohol di dalamnya.

5. Gunakan minyak alami. Pijatlah rambut secara berkala dengan menggunakan minyak kelapa atau minyak jojoba.

6. Coba perawatan deep conditioning profesional. Jika tidak ada opsi di atas yang membantu, Anda bisa memilih perawatan deep conditioning yang dilakukan oleh profesional di salon.

7. Potong ujung yang bercabang. Ujung rambut yang bercabang berkontribusi pada tampilan dan nuansa kering. Memotongnya dapat membuat rambut terasa lebih halus dan rapi.

8. Gunakan vitamin rambut. Vitamin rambut yang mengandung zat besi, vitamin D, folat, vitamin B12, dan selenium dapat membantu menjaga kesehatan rambut, membuatnya tampak lebih sehat berkilau.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini