6 Cara Menghitamkan Rambut dengan Bahan Alami, Cepat dan Aman

Senin, 20 Juli 2020 16:00 Reporter : Edelweis Lararenjana
6 Cara Menghitamkan Rambut dengan Bahan Alami, Cepat dan Aman Ilustrasi rambut hitam. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Trifonov Igor

Merdeka.com - Beruban prematur adalah salah satu penyakit dari gaya hidup modern. Garis-garis perak dan putih yang menakutkan muncul bahkan ketika Anda berusia 20-an. Satu-satunya pilihan yang tersisa adalah mencari pengobatan rumahan alami untuk mengubah rambut abu-abu Anda menjadi hitam kembali.

Untuk mempertahankan warna hitam dan kilau alami rambut bisa kamu dapatkan melalui perawatan rambut sehari-hari. Salah satunya adalah dengan menggunakan shampo dan kondisioner dari rangkaian PANTENE Gold Series Black and Glossy.

pantene gold series black and glossy

Presented by Pantene

Kandungan Vitamin E yang diperkaya dengan Pro-Vitamin dan anti-oksidan pada shampo dan kondisioner PANTENE Gold Series Black and Glossy membantu menjaga hitam alami rambut dan merawat rambut dari kerusakan UV. Formula terbaik ini membantu mengunci nutrisi di setiap helai rambut, sehingga rambut menjadi kuat dan sehat serta lebih fleksibel, mudah diatur dan tidak mudah patah.

Rambut berubah menjadi abu-abu ketika melanosit di sekitar folikel rambut berkurang atau menghentikan produksi melanin. Keratin adalah protein utama yang membangun rambut. Tidak adanya atau kekurangan melanin dalam keratin menyebabkan rambut beruban. Kekurangan melanin bisa disebabkan karena faktor genetika, usia dan perubahan hormon dalam tubuh.

Pewarna kimiawi untuk menghitamkan rambut dapat mengurangi kilau dan memiliki efek berbahaya dalam jangka panjang. Untuk itu, dalam artikel ini akan direkomendasikan 6 cara menghitamkan rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami secara cepat, mudah dan aman bahkan untuk jangka panjang.

2 dari 7 halaman

1. Minyak Bunga Hibiscus

ilustrasi teh hibiscus
©Shutterstock

Cara menghitamkan rambut secara alami yang pertama adalah menggunakan minyak bunga hibiscus. Pernahkah Anda melihat salah satu katalog majalah spa mewah yang menawarkan perawatan kecantikan terbaik? Pernah memperhatikan ada bunga hibiscus atau kembang sepatu terselip di rambut tukang pijat atau klien yang sedang berbaring telungkup dalam tidur yang bahagia? Nah, bunga tersebut bukan hanya untuk membuat katalog terlihat cantik, tetapi punya tujuan lebih signifikan. Hibiscus adalah obat alami tepercaya untuk rambut hitam. Untuk ini, yang Anda pelukan adalah:

  • 1-2 bunga hibiscus
  • Minyak rambut

Rebus bunga hibiscus yang sudah dibersihkan bersama dengan minyak rambut favorit Anda. Setelah mendidih secukupnya selama 10-15 menit dalam api rendah, saring ramuan tersebut. Biarkan hingga dingin dan pijat ke kepala Anda. Lakukan ini sesering mungkin sebelum mandi dan rambut pun akan menjadi hitam alami.

3 dari 7 halaman

2. Oat

ilustrasi gandum
©Shutterstock/Elena Schweitzer 

Cara menghitamkan rambut secara alami yang kedua dengan menggunakan oat. Oat terkenal dengan banyak manfaat kesehatannya, termasuk di antaranya untuk membantu menghitamkan rambut. Anda bisa mengonsumsi oat dalam bentuk sarapan setiap hari atau membuat pasta dengan menambahkan minyak almond ke dalamnya.

Kandungan biotin yang melimpah dalam gandum terbukti menyembuhkan uban dini. Biotin membantu membuat warna rambut menjadi lebih gelap dan menyuburkannya dari dalam. Pasta gandum juga dapat digunakan sebagai kondisioner alami, dan disarankan untuk digunakan seminggu sekali.

4 dari 7 halaman

3. Teh Hitam

teh hitam
©servingjoy.com

Cara menghitamkan rambut dengan bahan alami yang ketiga menggunakan teh hitam. Caranya, rebus secangkir air dengan 2 sdm teh hitam dan 1 sdt garam. Dinginkan dan oleskan banyak-banyak pada rambut yang baru dicuci. Biarkan sampai kering. Ulangi secara teratur untuk menggelapkan helai rambut abu-abu.

Teh hitam mengandung kafein yang mengandung antioksidan. Di samping menambahkan rona gelap alami pada rambut, teh hitam juga menstimulasi pertumbuhan rambut dan menguatkannya dari dalam serta membuat rambut lebih bersinar.

5 dari 7 halaman

4. Minyak Almond dan Air Lemon

almond
©2017 pixabay.com

Cara menghitamkan rambut dengan bahan alami yang keempat adalah menggunakan minyak almond dan air lemon. Anda cukup mencampur minyak almond dan air lemon dalam rasio 2:3. Pijatkan campuran tersebut secara merata di kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 30 menit dan cuci rambut setelahnya.

Minyak almond mengandung vitamin E yang sangat bermanfaat untuk rambut. Kandungan ini membantu memelihara akar rambut dan mencegah uban prematur. Air lemon tidak hanya menambah kilau dan volume pada rambut, tetapi juga meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Minyak almond dan air lemon adalah bahan yang mudah didapat untuk membantu Anda menghitamkan rambut secara alami.

6 dari 7 halaman

5. Henna dan Kopi

011 tantri setyorini
© Pexels

Cara menghitamkan rambut dengan bahan alami yang kelima adalah menggunakan henna dan kopi. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menambahkan 1 sdm bubuk kopi ke air panas mendidih. Dinginkan dan buat pasta dengan bubuk henna. Biarkan tertutup selama beberapa jam. Campurkan 1 sdm minyak pilihan Anda dan oleskan secara merata ke seluruh rambut. Cuci bersih setelah satu jam.

Henna adalah kondisioner dan pewarna alami yang ketika dikombinasikan dengan kopi, dapat memberikan hasil yang sangat baik. Henna sebenarnya adalah pengobatan rumah kuno untuk mengubah rambut abu-abu menjadi hitam.

7 dari 7 halaman

6. Jus Bawang

ilustrasi bawang putih
©Pixabay

Cara menghitamkan rambut dengan bahan alami yang keenam adalah menggunakan jus bawang. Campurkan 2-3 sdt jus bawang, 1 sdt jus lemon dan 1 sdt minyak zaitun. Pijat ke kulit kepala dan rambut dan bersihkan setelah setengah jam. Selain sebagai solusi efektif untuk menghitamkan rambut, bawang juga membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Jus bawang diketahui kaya akan katalase, enzim yang bertanggung jawab untuk menggelapkan rambut dari akarnya. Jus bawang adalah sumber biotin, magnesium, tembaga, vitamin C, fosfor, sulfur, Vitamin B1 dan B6 yang baik, dan folat. Ini membantu menghitamkan rambut dan mencegah kerontokan. Gunakan 2 kali seminggu untuk hasil yang efektif.

[edl]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini