Waktu Sholat Tahajud, Lengkap Beserta Tata Cara dan Keutamaannya

Senin, 19 April 2021 18:40 Reporter : Jevi Nugraha
Waktu Sholat Tahajud, Lengkap Beserta Tata Cara dan Keutamaannya ilustrasi sholat. islam-today.ru

Merdeka.com - Sholat tahajud adalah ibadah sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari. Secara definisi dalam Islam, sholat tahajud berarti ibadah sunnah yang dikerjakan setelah bangun tidur. Sholat sunnah ini merupakan ibadah yang istimewa dan banyak mengandung keutamaan.

Sholat tahajud bisa dikerjakan minimal dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas dalam kurun waktu setelah ba'da sholat isya hingga menjelang subuh. Dikutip dari NU Online, waktu yang tepat untuk melaksanakan shalat tahajud yaitu sepertiga malam. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam Alquran Surat Al-Isra ayat 79, yang artinya:

"Pada sebagian malam, hendaklah kau bertahajud sebagai tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke derajat terpuji," (Surat Al-Isra ayat 79).

Setelah melaksanakan sholat tahajud, umat Muslim dianjurkan untuk berdoa kepada Allah. Berikut waktu sholat tahajud dan tata caranya yang dilansir dari NU Online:

2 dari 5 halaman

Waktu Sholat Tahajud

tahajud
©2020 Merdeka.com

Waktu sholat tahajud bisa dikerjakan kapan saja dalam kurun waktu setelah sholat Isya’ sampai waktunya Subuh. Meski begitu, sholat tahajud dianjurkan untuk dikerjakan sepertiga malam terakhir. Dengan kata lain, sholat tahajud dikerjakan lepas tengah malam hingga masuknya waktu Subuh.

Niat Sholat Tahajud

Sebagaimana kita tahu, sholat tahajud adalah sholat sunnah di malam hari. Sebagian ulama berpendapat, bahwa sholat tahajud sebaiknya dilakukan setelah bangun tidur. Adapun niat sholat tahajud adalah seperti berikut:

Ushalli sunnatat tahajjudi rak‘ataini lillahi ta‘ala.

Artinya, "Aku menyengaja sembahyang sunnah tahajud dua rakaat karena Allah SWT."

3 dari 5 halaman

Tata Cara Sholat Tahajud

Sholat tahajud merupakan salah satu ibadah sunnah yang memiliki banyak keutamaan dan hikmah. Adapun tata cara sholat tahajud adalah seperti berikut:

1. Membaca niat sholat tahajud

2. Takbiratul ihram (Allahu akbar)

3. Membaca doa iftitah

4. Membaca surah al-Fatihah

5. Membaca surah pendek

6. Ruku dengan tumaninah

7. Itidal dengan tumaninah

8. Sujud dengan tumaninah

9. Duduk di antara dua sujud dengan tumaninah

10. Sujud kedua dengan tumaninah

11. Berdiri lagi menunaikan rakaat yang kedua

12. Membaca surah al-Fatihah

13. Membaca surah pendek

14. Ruku dengan tumaninah

15. Itidal dengan tumaninah

16. Sujud dengan tumaninah

17. Duduk di antara dua sujud dengan tumaninah

18. Sujud kedua dengan tumaninah

19. Tasyahud akhir dengan tumaninah

20. Membaca salam menengok ke kanan dan ke kiri, hingga wajah samping nampak di belakang.

4 dari 5 halaman

Doa Setelah Sholat Tahajud

tahajud©2018 Merdeka.com

Setelah menunaikan ibadah sholat tahajud, umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa. Pasalnya, membaca doa setelah sholat tahajud tidak kalah pentingnya dari sholat itu sendiri. Adapun doa tahajud adalah sebagai berikut:

Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fi hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa‘dukal haq. Wa liqa’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan naru haq. Wan nabiyyuna haq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallama haq. Was saatu haq.

Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirli ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a‘lantu, wa mâ anta a‘lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.

Artinya:

"Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar."

"Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu-lah aku beriman, kepada-Mu-lah aku bertawakal, hanya kepada-Mu-lah aku kembali (bertaubat), kepada-Mu-lah aku mengadu, dan kepada-Mu-lah aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (untuk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah."

5 dari 5 halaman

Keutamaan Sholat Tahajud

tata cara sholat tahajud©2020 Merdeka.com

Ada banyak keutamaan sholat tahajud yang bisa didapatkan setiap umat muslim, di antarnya sebagai berikut:

Jembatan Masuk Surga

Sholat malam merupakan sebaik-baiknya shalat fardu. Sehingga shalat tahajud diyakini setiap muslim dapat menjadi jembatan masuk surga.

Sebagaimana Rasulullah bersabda, "Wahai kalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan, dan shalatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam, niscaya engaku akan masuk surga dengan selamat." (HR. Ibnu Majah).

Doa Akan Dikabulkan Allah SWT

Melaksanakan sholat tahajud di sepertiga malam adalah waktu yang tepat untuk berdoa. Di tengah keheningan malam, membuat setiap muslim lebih khusyuk dalam berdoa. Sehingga diyakini doa akan mudah dikabulkan.

Rasulullah dalam sebuah hadits bersabda, "Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do'a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya." (HR. Muslim no. 757).

Mengangkat Derajat

Setiap muslim yang mengamalkan shalat tahajud, maka drajatnya akan diangkat oleh Allah SWT. Sebagaimana Allah berfirman, "Dan pada sebagian malam, dirikanlah shalat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS. Al-Isra:79).

Menenangkan Hati dan Pikiran

Bagi Anda yang sering mengalami gelisah serta pikiran tidak tenang, sebaiknya melaksanakan shalat tahajud. Pasalnya melakukan shalat tahajud di waktu sepertiga malam dapat menentramkan hati dan pikiran.

Sebagaimana Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits, "Apabila ia terbangun dan menyebut nama Allah, terurailah satu simpul. Lalu apabila ia berwudhu, terurailah satu simpul lagi. Kemudian apabila ia shalat, terurailah simpul yang terakhir. Maka ia di pagi hari dalam keadaan segar dan bersih jiwanya." (HR. Muttafaqun'alaih).

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini