Tata Cara Sholat Lailatul Qodar, Lengkap Beserta Doa dan Keutamaannya

Senin, 3 Mei 2021 11:00 Reporter : Jevi Nugraha
Tata Cara Sholat Lailatul Qodar, Lengkap Beserta Doa dan Keutamaannya ilustrasi sholat. qamarislamkhan.com

Merdeka.com - Salah satu peristiwa yang memiliki banyak keistimewaan dan hikmah pada bulan Ramadan adalah malam lailatul qodar. Pasalnya, pada malam tersebut dianggap lebih baik daripada beribadah di bulan lain, sekalipun selama seribu bulan.

Melansir dari NU Online, malam lailatul qodar adalah malam yang penuh berkah dan lebih baik dari seribu bulan. Keistimewaan malam lailatul qodar ini dijelaskan atau ditetapkan segala urusan besar dengan kebijaksanaan. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam salah satu surah Alquran, yang artinya:

"Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-laj yang memberi peringatan." ( QS Ad-Dukhan:3)

Banyaknya keistimewaan pada malam lailatul qodar, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak amal saleh, berdoa, dan melakukan sholat malam lailatul qodar. Anjuran untuk memperbanyak ibadah dan amal saleh ini seperti yang tertuang dalam salah satu hadist berikut:

"Siapa yang mengerjakan ibadah pada malam qadar dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu. Dan barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan, dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu." (HR Bukhari).

Lantas, bagaimana tata cara sholat lailatul qodar dan apa saja keutamaannya? Simak ulasannya yang dilansir dari NU Online:

Baca Selanjutnya: Niat Sholat Lailatul Qodar...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini