Skincare adalah Perawatan untuk Kulit agar Tetap Sehat, Ketahui Langkahnya

Minggu, 28 Februari 2021 07:00 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Skincare adalah Perawatan untuk Kulit agar Tetap Sehat, Ketahui Langkahnya Ilustrasi wajah cantik. ©2013 Merdeka.com/shutterstock.com/aslysun

Merdeka.com - Skincare atau perawatan kulit sepertinya kini menjadi salah satu tren yang di masyarakat. Dalam hal ini, semakin banyak masyarakat yang paham dan sadar pentingnya menjaga kesehatan kulit. Hal ini tentu dapat dilihat dari semakin banyak orang yang mulai menyebarkan berbagai informasi tentang perawatan kulit hingga bermacam produk skincare yang banyak diproduksi dan dikembangkan.

Bukan tanpa alasan, kulit merupakan bagian tubuh paling luas yang berfungsi menutupi dan melindungi bagian tubuh. Jelas jika kesehatan kulit perlu diperhatikan dengan baik agar fungsinya tetap bekerja dengan baik. Selain itu, menjaga kesehatan kulit juga dapat meningkatkan penampilan yang lebih bersih, terawat, dan nyaman dilihat.

Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa skincare adalah suatu perawatan kulit yang dilakukan guna menjaganya tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Selain itu, skincare juga diperlukan sebagai sarana untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit yang terjadi. Mulai dari jerawat, flek hitam, bekas luka, dan lain sebagainya.

Meskipun secara umum skincare adalah perawatan kulit yang mencakup seluruh tubuh, namun kini skincare yang dipahami di masyarakat lebih banyak mengacu pada perawatan wajah. Dalam hal ini, terdapat beberapa tahapan penggunaan skincare untuk membuat kulit wajah yang bersih, sehat, dan terawat.

Bagi Anda yang masih awam dengan hal ini, beberapa informasi mengenai skincare berikut perlu Anda pahami dengan baik. Dilansir dari Self.com, merdeka.com merangkum pengertian dan berbagai hal yang berkaitan dengan skincare adalah sebagai berikut.

2 dari 5 halaman

Mengenal Skincare

berminyak
©2017 avoskinbeauty.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa skincare adalah perawatan kulit yang dilakukan guna menjaga fungsinya tetap bekerja dengan baik. Dalam hal ini, kulit merupakan bagian terluas dalam tubuh yang berfungsi menutupi dan melindungi seluruh bagian tubuh. Dengan begitu, bagian dalam tubuh dapat terlindungi dari patogen atau kontak luar yang dapat mengganggu bagian organ dalam tubuh.

Seperti halnya gigi yang perlu rutin dibersihknan, kulit juga perlu diberikan perawatan secara teratur agar tetap sehat, terutama agar terhindari dari risiko kanker kulit. Berbicara tentang skincare di sini berkaitan dengan cara perawatan kulit yang dapat meningkatkan tampilan dan fungsi kulit Anda.

Skincare dapat dilakukan dengan berbagai macam produk perawatan dengan fungsi dan manfaat baik untuk tubuh. Produk ini dapat diaplikasikan pada kulit dalam rutinitas perawatan yang dapat menjaganya tetap sehat, bersih, dan terawat.

3 dari 5 halaman

Pentingnya Melakukan Perawatan Kulit

Setelah mengetahui pengertian umum dari skincare, berikutnya perlu diketahui alasan mengapa Anda perlu melakukan perawatan kulit secara teratur. Alasan melakukan perawatan kulit atau skincare adalah untuk menjaganya tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Bukan hanya itu, perawatan kulit juga perlu dilakukan guna mengurangi risiko munculnya gejala penuaan dini seperti garis-garis halus, kerutan, hingga flek hitam yang bisa datang lebih cepat ketika tidak dirawat. Selain itu, skincare juga dilakukan untuk mengatasi beberapa masalah kulit yang sering terjadi seperti kulit berminyak, kering, hingga jerawat.

Meskipun begitu, masing-masing orang perlu memperhatikan kondisi kulit sebelum melakukan perawatan. Misalnya, bagi orang yang mempunyai gangguan kulit seperti psoriasis, eksim, rosacea, hingga jerawat perlu berhati-hati dalam menentukan produk skincare yang akan digunakan. Hal ini tidak lain untuk mencegah berbagai efek buruk yang dapat timbul sebagai akibat dari reaksi alergi dan ketidakcocokan.

Selain untuk kesehatan kulit, melakukan rutinitas skincare juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Perawatan kulit bisa menjadi rutinitas yang menyenangkan untuk dilakukan serta dapat memberikan hasil positif yang dapat memberikan kepuasan bagi setiap orang yang melakukannya. Ini juga menjadi salah satu kebiasaan baik dan positif yang mengurangi kondisi stres dan berbagai kecemasan terhadap penampilan diri sendiri.

4 dari 5 halaman

Ketahui Jenis Kulit

bersih bersinar
© hercampus.com

Setelah mengetahui pengertian dan alasan penting di balik skincare, Anda perlu memahami terlebih dahulu jenis kulit yang dimiliki sebelum melakukan perawatan kulit. Meskipun sepele, namun ini merupakan hal penting yang dapat mempengaruhi pemilihan produk skincare yang cocok untuk Anda.

Untuk memastikan jenis kulit, Anda bisa memperhatikan kondisi kulit tanpa make up khususnya pada saat beberapa jam setelah mandi. Jika Anda menemukan sedikit minyak yang berkilau di bagian wajah, Anda mungkin memiliki kulit yang berminyak. Jika terasa kering atau bersisik, berarti Anda memiliki kulit kering. Jika Anda memiliki kulit kering di beberapa tempat dan kulit berminyak di tempat lain (biasanya di zona-T yaitu dahi, hidung, dan dagu), Anda memiliki kulit kombinasi. Jika Anda tidak memiliki semua itu, Anda dianggap memiliki kulit "normal".

Beberapa kriteria tersebut perlu diperhatikan untuk melihat jenis kulit apa yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan penggunaan produk skincare yang akan dipakai. Sebab, skincare adalah perawatan kulit yang dilakukan agar menjaganya tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Jika salah dalam penerapannya, tentu bukan kesehatan yang didapatkan justru berbagai masalah kulit yang merugikan.

5 dari 5 halaman

Langkah Dasar dalam Skincare

Setelah mengetahui jenis kulit, selanjutnya terdapat beberapa langkah dasar skincare yang perlu diperhatikan dalam melakukan upaya perawatan ini. Dalam hal ini, langkah dasar dalam skincare adalah membersihkan, melembapkan, dan mengoleskan tabir surya. Langkah pertama yang dilakukan, Anda harus membersihkan kulit terlebih dahulu dari berbagai kotoran yang menempel. Kemudian, kulit perlu diberi produk yang dapat melembapkan dan menjaganya agar tidak kering. Setelah itu, pengaplikasian tabir surya atau krim yang mengandung SPF juga perlu dilakukan agar kulit tetap terlindungi dari bahaya paparan sinar matahari.

Jika sehari-hari Anda menggunakan tabir surya ditambah riasan make up tebal, maka cara pembersihan biasa tidak dapat membersihkan kulit secara maksimal. Dengan begitu, Anda perlu melakukan pembersihan ganda. Dalam hal ini, Anda perlu mencuci wajah terlebih dahulu dengan produk yang mengandung minyak, kemudian diikuti dengan pembersih berbasis air untuk mengangkat produk make up atau kotoran yang masih menempel pada wajah. Baru dilanjutkan penggunaan toner, exfolian, dan pelembap setelah pembersihan. Hal ini dilakukan agar menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini