Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Penyebab Kucing Muntah Makanan dan Cara Mengatasinya, Bisa Jadi Tanda Penyakit

Penyebab Kucing Muntah Makanan dan Cara Mengatasinya, Bisa Jadi Tanda Penyakit ilustrasi kucing. ©pexels-Cats Coming

Merdeka.com - Penyebab kucing muntah makanan perlu diperhatikan. Muntah adalah gangguan kesehatan umum yang biasanya terjadi akibat adanya masalah pencernaan. Saat mengalami gejala ini, kucing akan mengeluarkan makanan yang telah dikonsumsi melalui mulut.

Penyebab kucing muntah makanan seringkali terjadi ketika kucing mengonsumsi makanan terlalu cepat. Seperti manusia, saat makan terlalu cepat, maka potensi udara yang masuk ke dalam lambung semakin banyak, sehingga membuat perut tidak nyaman. Pada akhirnya, kondisi ini mendorong isi lambung ke atas hingga kucing memuntahkan makanan yang telah dikonsumsi.

Bukan hanya itu, terdapat berbagai penyebab kucing muntah makanan lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Penyebab kucing muntah makanan ini juga bisa dipengaruhi oleh alergi makanan, intolerasi terhadap bahan makanan tertentu, gangguan pencernaan, hingga kondisi medis yang serius.

Meski terlihat sepele, namun kucing muntah makanan bisa menjadi tanda dari kondisi lebih parah. Dengan begitu, penting bagi Anda untuk memperhatikan penyebab kucing muntah makanan dangejalanya.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui beberapa cara yang bisa dilakukan saat kucing muntah makanan, serta pada kondisi seperti apakah kucing perlu dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lanjutan. Berikut kami merangkum penjelasan penyebab kucing muntah makanan.

Gejala Kucing Muntah Makanan

Sebelum mengetahui penyebab kucing muntah makanan, perlu dipahami terlebih dahulu gejala apa saja yang sering muncul ketika kucing mengalami kondisi ini. Biasanya, saat mengalami kondisi ini, terdapat tekanan pada perut, kemudian kucing memuntahkan makanan yang telah dikonsumsi.

Selain itu, kondisi kucing muntah makanan juga umumnya disertai dengan beberapa gejala lain. Mulai kehilangan nafsu makan, tubuh lesu dan lemas, dehidrasi, diare, hingga demam. Berikut beberapa gejala kucing muntah makanan yang perlu Anda perhatikan:

  • Muntah setelah makan: Muntah setelah makan adalah gejala umum yang menunjukkan bahwa kucing mungkin mengalami masalah pencernaan.
  • Kehilangan nafsu makan: Kucing yang muntah setelah makan seringkali kehilangan nafsu makan, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan.
  • Lemas atau lesu: Kucing yang muntah makanan dapat menjadi lemas dan lesu, karena mereka mungkin tidak menerima nutrisi yang cukup dari makanan.
  • Dehidrasi: Kucing yang muntah dapat menjadi dehidrasi jika mereka kehilangan terlalu banyak cairan melalui muntah.
  • Rasa sakit atau ketidaknyamanan di perut: Kucing yang muntah makanan juga dapat menunjukkan tanda-tanda rasa sakit atau ketidaknyamanan di perut mereka.
  • Diare: Kucing yang muntah makanan juga mungkin mengalami diare, yang dapat mengakibatkan dehidrasi dan penurunan berat badan.
  • Demam: Kucing yang muntah makanan juga dapat mengalami demam, terutama jika masalahnya disebabkan oleh infeksi.
  • Penyebab Kucing Muntah Makanan

    Setelah memahami berbagai gejala yang muncul, berikutnya akan dijelaskan penyebab kucing muntah makanan. Kondisi kucing muntah makanan, umumnya terjadi karena masalah pencernaan yang dialami kucing.

    Selain masalah pencernaan, penyebab kucing muntah makanan juga bisa dipengaruhi oleh faktor alergi makanan, intoleransi bahan makanan tertentu, efek samping penggunaan obat, hingga beberapa kondisi medis yang cukup serius.

    Berikut, beberapa penyebab kucing muntah makanan yang perlu Anda perhatikan:

    Makan terlalu cepat: Penyebab kucing muntah makanan salah satunya karena kucing makan terlalu cepat. Saat makan terlalu cepat cenderung menelan udara dalam jumlah yang banyak sehingga dapat menyebabkan muntah.

    Alergi makanan: Beberapa kucing bisa mengalami alergi terhadap makanan tertentu yang mengakibatkan muntah setelah makan.

    Intoleransi makanan: Penyebab kucing muntah makanan selanjutnya ialah intoleransi makanan. Beberapa kucing tidak bisa mencerna beberapa jenis makanan dengan baik, sehingga menyebabkan muntah.

    Masalah pencernaan: Kucing yang mengalami gastritis atau radang usus dapat mengalami muntah setelah makan. Selain itu, beberapa penyakit lain seperti penyakit pankreas atau penyakit hati juga bisa menyebabkan muntah.

    Kondisi medis: Penyebab kucing muntah makanan lainnya ialah menandakan kondisi medis. Kucing yang mengalami kondisi medis tertentu seperti penyakit ginjal, diabetes atau gangguan tiroid dapat mengalami muntah setelah makan. Oleh karena itu, pemilik perlu mewaspadai. 

    Konsumsi bahan yang tidak dapat dicerna: Kucing yang memakan bahan yang tidak dapat dicerna seperti rambut atau tumbuhan, dapat mengalami muntah sebagai respons tubuh terhadap benda asing tersebut. Penyebab kucing muntah makanan bisa jadi karena bahan tersebut tidak dapat dicerna oleh sistem pencernaan kucing. 

    Efek samping obat-obatan: Penyebab kucing muntah makanan terakhir ialah efek samping obat-obatan. Beberapa obat-obatan dapat mengiritasi lambung dan mengakibatkan muntah pada kucing.

    Cara Mengatasi Kucing Muntah Makanan

    Setelah mengetahui berbagai penyebab kucing muntah makanan, terakhir akan dijelaskan langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini.

    Cara untuk mengatasi kucing muntah makanan bisa dengan menghentikan pemberian makanan sementara, mengganti jenis makanan, memberikan makanan basah, hingga memperhatikan faktor lingkungan yang memberikan pengaruh.

    Berikut beberapa cara mengatasi kucing muntah makanan yang bisa Anda praktikkan:

  • Hentikan pemberian makanan sementara: Hentikan pemberian makanan selama beberapa jam, dan biarkan lambung kucing istirahat sejenak. Setelah itu, berikan makanan dalam jumlah kecil dan sering.
  • Ganti jenis makanan: Jika kucing Anda muntah setelah makan makanan tertentu, coba ganti jenis makanan yang lebih mudah dicerna atau pilih merek makanan yang berbeda.
  • Berikan makanan basah: Makanan basah mengandung lebih banyak air dan cairan, sehingga membantu mencegah dehidrasi dan memfasilitasi pencernaan.
  • Cek kualitas makanan: Pastikan makanan kucing Anda berkualitas baik dan bebas dari bahan kimia berbahaya atau bahan pengawet.
  • Batasi akses ke bahan yang tidak bisa dicerna: Kucing dapat memuntahkan bahan-bahan yang tidak bisa dicerna seperti rambut atau tumbuhan, sehingga batasi akses kucing ke bahan-bahan tersebut.
  • Konsultasikan dengan dokter hewan: Jika muntah berlangsung terus-menerus atau terjadi secara teratur dalam waktu singkat, segera konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.
  • Perhatikan faktor lingkungan: Beberapa faktor lingkungan seperti stres atau kecemasan dapat memicu muntah pada kucing, sehingga pastikan kucing Anda merasa aman dan nyaman di lingkungannya.
  • Lalu, pada kondisi apakah, kucing harus segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih serius. Berikut beberapa kondisi yang perlu Anda perhatikan:

  • Muntah berlangsung lebih dari 24 jam atau terjadi secara teratur dalam waktu singkat.
  • Muntah disertai dengan diare, demam, dehidrasi, dan penurunan nafsu makan.
  • Kucing menunjukkan tanda-tanda rasa sakit atau ketidaknyamanan di perut.
  • Kucing telah makan benda asing atau bahan beracun.
  • Kucing memiliki riwayat masalah kesehatan yang serupa di masa lalu.
  • Jika kucing Anda mengalami muntah makanan, cobalah untuk memperhatikan apakah muntah terjadi hanya sekali atau terus-menerus, dan apakah kucing Anda menunjukkan gejala lain. Jika Anda merasa khawatir dengan kondisi kucing Anda, segera hubungi dokter hewan untuk mendapatkan saran dan perawatan yang sesuai. (mdk/ayi)

    Geser ke atas Berita Selanjutnya

    Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
    lihat isinya

    Buka FYP
    Kucing Muntah Makanan, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya
    Kucing Muntah Makanan, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Kucing muntah makanan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Oleh karena itu, penting untuk tahu penyebab dan cara mencegahnya.

    Baca Selengkapnya
    Penyebab Abses Kucing dan Cara Mengatasinya, Jangan Diabaikan
    Penyebab Abses Kucing dan Cara Mengatasinya, Jangan Diabaikan

    Kucing biasanya menderita abses setelah berkelahi. Mulut dan cakar kucing secara alami mengandung banyak bakteri yang mudah berpindah ke luka.

    Baca Selengkapnya
    Makanan Kucing Umur 2 Bulan, Ketahui Aturan Pemberian Makannya
    Makanan Kucing Umur 2 Bulan, Ketahui Aturan Pemberian Makannya

    Memberikan makan kucing harus memperhatikan beberapa hal.

    Baca Selengkapnya
    Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
    video untuk kamu.
    SWIPE UP
    Untuk melanjutkan membaca.
    Atasi Masalah Kulit Kering dan Dehidrasi Menggunakan 5 Makanan Ini
    Atasi Masalah Kulit Kering dan Dehidrasi Menggunakan 5 Makanan Ini

    Kondisi kulit kering dan dehidrasi rentan dialami di cuaca seperti sekarang dan bisa diatasi dengan sejumlah makanan.

    Baca Selengkapnya
    7 Makanan Penggemuk Kucing Buatan Sendiri, Penuh Manfaat dan Kaya Nutrisi
    7 Makanan Penggemuk Kucing Buatan Sendiri, Penuh Manfaat dan Kaya Nutrisi

    Merdeka.com merangkum informasi tentang makanan penggemuk kucing buatan sendiri yang penuh manfaat dan kaya nutrisi.

    Baca Selengkapnya
    10 Penyakit Kulit yang Mengintai Kucing Kesayanganmu, Waspada!
    10 Penyakit Kulit yang Mengintai Kucing Kesayanganmu, Waspada!

    Seperti manusia, kucing juga rentan terhadap berbagai jenis penyakit kulit yang dapat mengganggu kenyamanan dan kesehatannya.

    Baca Selengkapnya
    9 Penyebab Mengantuk setelah Makan, Begini Cara Mengatasinya
    9 Penyebab Mengantuk setelah Makan, Begini Cara Mengatasinya

    Mengantuk setelah makan adalah kondisi yang umum dialami oleh banyak orang dan biasanya terjadi karena beberapa alasan yang berbeda.

    Baca Selengkapnya
    Penyakit Cakar Kucing yang Perlu Diwaspadai, Ketahui Gejala dan Cara Mencegahnya
    Penyakit Cakar Kucing yang Perlu Diwaspadai, Ketahui Gejala dan Cara Mencegahnya

    Jangan sepelekan luka karena cakar kucing. Karena bisa saja, goresan tersebut berkembang menjadi masalah kesehatan serius hingga berujung kematian.

    Baca Selengkapnya
    5 Tanda yang Bisa Tampak ketika Anda Mengunyah Makanan secara Salah
    5 Tanda yang Bisa Tampak ketika Anda Mengunyah Makanan secara Salah

    Kesalahan dalam mengunyah makanan bisa menjadi penyebab terjadinya sejumlah masalah. Ketahui tanda ketika Anda mengunyah makanan dengan cara yang salah.

    Baca Selengkapnya