Mengenal Kacamata Anti Radiasi dan Fungsinya, Perlu Diketahui

Jumat, 12 Maret 2021 12:50 Reporter : Jevi Nugraha
Mengenal Kacamata Anti Radiasi dan Fungsinya, Perlu Diketahui Ilustrasi kacamata dan masker. ©Shutterstock

Merdeka.com - Mata merupakan indra penglihatan yang sangat penting bagi manusia dalam menunjang segala aktivitasnya. Beragam cara dilakukan setiap orang untuk menjaga kesehatan indra penglihatan ini. Tak heran, jika seseorang yang memiliki gangguan mata minus atau miopi kerap menggunakan kacamata agar tetap bisa melihat dengan baik.

Salah satu jenis kacamata yang saat ini banyak digunakan adalah kacamata anti radiasi. Jenis kacamata satu ini biasa digunakan oleh orang yang sering beraktivitas di luar ruangan yang berisiko terkena paparan sinar matahari. Selain itu, kacamata anti radiasi juga sering dipakai oleh orang yang kerap menghabiskan waktu di depan layar komputer atau gadget.

Tak hanya dipakai untuk melindungi mata dari kerusakan, saat ini banyak kacamata anti radiasi yang dapat menunjang penampilan seseorang. Memakai kacamata anti radiasi yang sesuai dengan bentuk wajah, tentu dapat melindungi mata dan membuat penampilan seseorang menjadi lebih menarik dan stylish.

Lantas, apa sebenarnya saja fungsi kacamata anti radiasi dan bagaimana cara memilihnya agar sesuai dengan bentuk wajah? Simak ulasannya yang dilansir dari Finest Glasses:

2 dari 4 halaman

Mengenal Kacamata Anti Radiasi

ilustrasi kacamata dan masker
©Shutterstock

Kacamata anti radiasi adalah kacamata yang didesain khusus untuk melindungi mata dari radiasi seperti sinar matahari, layar komputer, atau gadget. Radiasi sendiri merupakan energi yang terdiri dari gelombang atau partikel berkekuatan tinggi. Kemunculan radiasi bisa dihasilkan secara alami maupun dari manusia.

Dalam kehidupan sehari-hari, setidaknya tubuh manusia terpapar oleh dua jenis radiasi, yaitu radiasi ultraviolet dan radiasi sinar biru. Radiasi sinar violet merupakan jenis radiasi alami atau datang dari sinar matahari. Sedangkan, sinar biru adalah jenis radiasi yang datang dari layar elektronik seperti komputer atau gadget.

Radiasi sinar ultraviolet (UV) dalam jangka pendek bisa mengakibatkan fotokeratitis atau peradangan korna mata akibat paparan sinar matahari terlalu lama. Semakin lama terpapar radiasi UV, semakin tinggi pula risiko terkena katarak atau degenerasi makula. Sementara itu, paparan sinar biru dalam jangka panjang juga dapat mengganggu penglihatan seperti katarak hingga kanker mata.

Salah satu cara mengatasi paparan sinar matahari atau sinar biru yang paling efektif yaitu dengan menggunakan kacamata anti radiasi. Dengan menggunakan kacamata ant radiasi dianggap mampu mengurangi risiko peradangan kornea, katarak, dan degenerasi makula.

3 dari 4 halaman

Fungsi Kacamata Anti Radiasi

ilustrasi kacamata dan masker©Shutterstock

Sebagaimana kita tahu, kacamata anti radiasi atau kacamata baca komputer berfungsi efektif untuk menangkal efek sinar biru. Jika mata tidak dilindungi dari efek sinar biru, berpotensi merusak mata dan meningkatkan ketegangan mata saat melihat layar.

Selain itu, ada beberapa fungsi kacamata anti radiasi, di antaranya seperti berikut:

1. Mencegah mata dari sinar berbahaya dari layar gadget, seperti ultra violet dan sinar biru.

2. Kacamata anti radiasi memiliki penetrasi dan penyerapan yang disesuaikan dengan lampu berbeda. Saat memakainya, mata Anda akan terasa segar dan penglihatan alami.

3. Kacamata anti radiasi dapat memblokir radiasi elektromagnetik. Hal ini karena kacamata anti radiasi mengadopsi teknologi pelapisan vakum ion canggih, sehingga tidak memiliki efek samping jika dipakai dalam waktu lama pada mata.

4. Kacamata anti radiasi dapat menyerap gelombang mikro frekuensi rendah dan bisa menghilangkan gejala potensial bagi mata seperti kelelahan, demam, dan sakit kepala.

4 dari 4 halaman

Cara Memilih Kacamata yang Sesuai Bentuk Wajah

ilustrasi kacamata dan masker©Shutterstock

Memilih kacamata sesuai bentuk wajah tentu sangat penting dilakukan sebelum membelinya. Tentu saja, hal ini dilakukan supaya wajah terlihat proporsional. Dengan begitu, penampilan akan semakin keren, bahkan bisa menutupi kekurangan wajah.

Setidaknya, ada lima bentuk wajah di dunia ini, yaitu bentuk persegi, bulat, hati, berlian, dan oval. Beberapa fitur wajah tersebut bisa disesuaikan dengan bentuk bingkai kacamata yang akan dipilih. Berikut ini cara memilih kacamata sesuai bentuk wajah yang dirangkum dari Liputan6.com:

Wajah Berbentuk Kotak

Wajah kotak atau square mempunyai sisi yang lurus dan hampir tidak ada lengkungan pada rahang. Pemilik bentuk wajah ini sangat cocok dengan bingkai kacamata bundar atau oval. Hal ini untuk menyamarkan garis wajah atau memberi garis lengkung wajah, sehingga membuat wajah tampak panjang.

Di samping itu, pemilik bentuk wajah kotak juga harus memprioritaskan penggunaan bingkai kacamata tipis, supaya wajah tidak terlalu nampak padat. Dengan begitu, wajah Anda akan semakin proporsional dan membuat penampilan semakin stylish.

Wajah Berbentuk Segitiga

Cara memilih kacamata sesuai bentu wajah selanjutnya cocok untuk wajah bentuk segitiga. Salah satu kacamata sesuai bentuk wajah segitiga adalah yang memiliki bingkai tebal di bagian atasnya. Bingkai kacamata ini berfungsi agar dahi terlihat ideal dan tidak sempit. Adapun jenis kacamata yang paling cocok Anda gunakan ialah model cat-eye.

Wajah Berbentuk Hati

Bagi Anda yang memiliki bentuk wajah dengan ciri-ciri seperti bagian dahi lebar, tulang pipi dan rahang sempit, sebaiknya menggunakan bingkai kacamata yang tebal. Pasalnya, bingkai kacamata ini berfungsi untuk menutupi tulang pipi dan rahang, sehingga tampak proporsional dan ideal.

Beberapa model kacamata terbaik yang bisa dipakai dengan tipe wajah berbentuk hati antara lain cat eye, cat eye persegi, bagian atas datar, dan jenis bingkai persegi panjang. Cara memilih kacamata sesuai bentuk wajah ini, akan membuat penampilanmu jadi lebih trendi.

Wajah Berbentuk Oval

Beruntung bagi seseorang yang memiliki bentuk wajah oval. Pasalnya, hampir semua jenis kacamata cocok untuk dipakai oleh orang dengan bentuk wajah ini. Namun, hal yang harus dihindari adalah bingkai esktrem yang memiliki lebar melebihi bagian terluas wajah.

Wajah Berbentuk Bulat

Pemilik fitur wajah ini memiliki tulang pipi penuh dengan dahi dan rahang yang sempit. Sehingga, sangat cocok dengan berbagai bentuk kacamata ekstrem. Namun, yang harus dihindari adalah kacamata berbentuk bulat, karena bisa menutupi bentuk wajahnya yang menarik.

Salah satu jenis kacamata terbaik yang bisa dipakai orang dengan wajah bulat ialah persegi panjang dan cat eye. Selain itu, juga cocok menggunakan beragam jenis kacamata dengan model retro atau wayfarer klasik.

Wajah Berbentuk Diamond

Salah satu ciri utama seseorang yang memiliki bentuk wajah diamond adalah dagu lancip dan tulang pipi tinggi. Pemiliki wajah ini sangat beruntung, karena hampir semua jenis kacamata cocok digunakannya. Oleh karena itu, pilih bentuk atau gaya kacamata yang paling nyaman dan sesuai keinginan.

[jen]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jenis Kacamata
  3. Ragam
  4. Jateng
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini