Karakteristik Kucing Manx dan Cara Perawatannya, Ras Kucing Unik Tak Berekor

Selasa, 27 September 2022 13:32 Reporter : Ayu Isti
Karakteristik Kucing Manx dan Cara Perawatannya, Ras Kucing Unik Tak Berekor Karakteristik Kucing Manx dan Cara Perawatannya, Ras Kucing Unik Tak Berekor. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Kucing telah lama menjadi salah satu hewan peliharaan yang sangat digemari oleh banyak orang. Identik dengan sifat yang manja, membuat hewan peliharaan satu ini semakin lucu dan menggemaskan. Tidak heran jika banyak orang memilihnya untuk dijadikan teman di rumah.

Sebagai hewan peliharaan, kucing mempunyai jenis yang beragam. Terdapat beberapa jenis kucing peliharaan yang populer dan banyak diminati oleh para pencinta kucing. Mulai dari kucing kampung, kucing persia, kucing anggora, kucing siam, kucing maine coon, hingga kucing spinx yang khas dengan tubuh tanpa bulu.

Selain itu, terdapat jenis kucing yang tak kalah unik, yaitu kucing manx. Ini adalah salah satu jenis kucing tertua yang berasal dari pulau kecil Isle of Man di Britania Raya. Ciri khas yang membuat jenis kucing ini unik yaitu karena tidak memiliki ekor. Jika memiliki ekor, bentuknya sangat pendek, tidak seperti kucing pada umumnya.

Selain itu, terdapat berbagai karakteristik lain dari kucing manx yang tak kalah menarik. Mulai dari bentuk tubuh, bentuk wajah dan pipi, bentuk telinga, hingga panjang kaki. Bagi Anda yang tertarik kucing ras unik, ini bisa menjadi salah satu pilihan.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut penjelasan karakteristik kucing manx dan cara perawatannya, bisa Anda simak.

2 dari 4 halaman

Mengenal Kucing Manx dan Jenisnya

Kucing manx adalah jenis kucing yang berasal dari pulau kecil Isle of Man di Britania Raya. Ini termasuk salah satu kucing tertua yang masih ada hingga saat ini. Ciri khas utama dari kucing ini adalah tidak memiliki ekor. Jika memiliki ekor, maka bentuknya sangat pendek, berbeda dari kucing pada umumnya.

Jika dilihat dari bentuk ekornya, kucing manx dibedakan menjadi beberapa jenis. Masing-masing jenis kucing manx ini memiliki bentuk ekor yang berbeda-beda. Mulai dari yang tidak memiliki ekor sama sekali, memiliki ekor berupa benjolan tulang rawan, hingga bentuk ekor setengah.

Berikut beberapa jenis kucing manx berdasarkan bentuk atau panjang ekornya, perlu Anda ketahui:

  • Rumpy/dimple rumpy: jenis kucing manx yang tidak memiliki ekor sama sekali, biasanya hanya menyisakan sedikit bulu di bagian pangkal ekornya.
  • Riser/rumpy riser: jenis kucing manx yang memiliki ekor berupa benjolan tulang rawan yang tertutup oleh bulu. Saat kucing merasa senang, biasanya ekor ini akan terangkat.
  • Stumpy: jenis kucing manx dengan ekor parsial yang menyatu dengan tulang belakang sepanjang 3 cm.
  • Stubby: jenis kucing manx dengan ekor pendek namun tidak menyatu dengan tulang belakang. Umumnya ditemukan ekor setengah dari panjang ekor kucing pada umumnya.
3 dari 4 halaman

Karakteristik Kucing Manx

Setelah mengetahui karakteristik umum dan jenisnya, berikutnya terdapat beberapa ciri khas lain dari kucing manx yang tak kalah menarik. Pertama, kucing ini memiliki postur tubuh pendek dan punggung yang melengkung. Di bagian kaki depan lebih pendek dan berotot, sementara bagian kaki belakang lebih panjang sehingga pinggulnya tampak lebih tinggi saat kucing berdiri.

Bentuk wajah dari kucing manx cukup bulat dengan bagian pipi menonjol. Bentuk wajah ini sangat pas dengan bagian mata yang tampak lonjong mirip kacang almond. Sedangkan bagian telinga kucing manx cenderung kecil, atau tidak terlalu besar seperti jenis kucing lainnya.

Jika dilihat dari karakteristik sifat, kucing manx tergolong jenis kucing pintar, aktif, dan senang bermain. Bahkan ini termasuk jenis kucing yang tidak takut air, berbeda dari kucing lainnya. Selain itu, kucing manx juga setiap pada pemiliknya. Meskipun begitu, kucing manx tetap pandai bersosialiasi, ramah, dan tidak takut jika bertemu dengan orang baru.

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Kucing Manx

Setelah mengetahui karakteristik kucing manx dan sifatnya, terakhir akan dijelaskan bagaimana cara merawat kucing manx dengan baik dan benar. Pada dasarnya, sama seperti kucing lainnya, Anda perlu menjaga kebersihan kucing manx dengan rutin memandikan setiap seminggu sekali.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan grooming sebelum dan sesudah memandikannya. Mulai dari menyisir bulu, memotong kuku, menyikat gigi, dan membersihkan kotoran telinga.

Selain itu, kebersihan lingkungan dan tempat tinggalnya juga perlu dijaga dengan baik. Sebaiknya Anda membersihkan kandang secara rutin untuk mencegah berbagai kutu, bakteri, dan virus bersarang dan menyebabkan penyakit. Untuk meningkatkan proteksi kesehatan, Anda juga perlu memberikan vaksinasi pada kucing dan mengecek kesehatan kucing setiap 6 bulan sekali.

Terakhir, berikan konsumsi makanan yang berkualitas dan kaya nutrisi. Cukupi pula kebutuhan hidrasinya dengan rutin mengganti air minum yang bersih. Jangan lupa pula, luangkan waktu untuk bermain bersama kucing manx peliharaan Anda karena kucing ini sangat aktif dan senang bermain. Dengan begitu, kucing bisa lebih sehat dan tidak mudah stres.

[ayi]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jateng
  3. Ragam Konten
  4. Ragam
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini