Kafalah adalah Hukum Jaminan dalam Islam, Ketahui Rukun dan Cara Pelaksanaannya

Sabtu, 21 November 2020 13:01 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Kafalah adalah Hukum Jaminan dalam Islam, Ketahui Rukun dan Cara Pelaksanaannya Ilustrasi uang. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Anggaradedy

Merdeka.com - Jaminan merupakan suatu hal penting yang sering dilakukan oleh masyarakat dalam berbagai macam kegiatan. Dalam hal ini, jaminan biasanya digunakan ketika seseorang akan melakukan pinjaman atau utang kepada pihak lain. Jaminan ini dapat berupa barang atau surat-surat berharga yang bisa menjamin seseorang untuk melakukan kewajiban pembayaran sesuai dengan perjanjian.

Sebagai suatu hal yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, ternyata Islam memberikan aturan yang jelas dalam pasti untuk pelaksanaan jaminan ini. Aturan yang berkaitan dengan jaminan ini disebut juga dengan kafalah. Dikatakan, kafalah adalah suatu hukum jaminan dalam Islam untuk menyatukan tanggung jawab penjamin kepada orang yang dijamin guna menunaikan hak wajib di waktu itu atau masa yang akan datang.

Hukum jaminan atau kafalah ini pun perlu dipahami dengan baik bagi seluruh umat muslim. Hal ini dilakukan tidak lain agar setiap kegiatan yang melibatkan jaminan, termasuk utang, dapat dijalankan dengan baik sesuai syariat Islam. Untuk Itu Anda perlu mengetahui rukun dan syarat apa saja yang diperlukan dalam pelaksanaan kafalah ini.

Selain itu, juga terdapat beberapa cara pelaksanaan kafalah yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dilansir dari situs Almanhaj, kami merangkum berbagai informasi tentang kafalah adalah sebagai berikut.

Baca Selanjutnya: Mengenal Kafalah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini