Doa Siti Maryam Saat Melahirkan, Lengkap Beserta Artinya

Selasa, 9 Agustus 2022 11:30 Reporter : Jevi Nugraha
Doa Siti Maryam Saat Melahirkan, Lengkap Beserta Artinya Ilustrasi hamil. ©shutterstock.com/Dmitry Kalinovsky

Merdeka.com - Doa Siti Maryam saat melahirkan perlu dibaca dan dilafalkan oleh ibu saat menghadapi proses persalinan. Dalam Islam, Siti Maryam adalah putri dari Imran dan Hannah binti Faqus, keturunan Nabi Daud AS. Ia dikenal sebagai perempuan ahli ibadah dan berakhlak mulia.

Siti Maryam kerap dikaitkan dengan ibu hamil karena dalam surat Maryam diawali dengan permohonan doa-doa kepada Allah SWT, sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Zakariya AS dalam meminta keturunan. Adapun kisah Nabi Zakariya AS meminta keturunan ini disebutkan dalam Surat Maryam ayat 1-11. Ketika Nabi Zakariya yang sudah lanjut usia belum juga dikaruniai putra oleh Allah SWT, beliau pun berdoa:

"Dan sesungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku sepeninggalanku, sedang istriku adalah seorang yang mandul, maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putra," (QS. Maryam: 5)

Ibu hamil dianjurkan untuk memperbanyak berdoa dan berzikir menjelang kelahiran anak. Tentunya, tujuan utama dari semuanya adalah untuk melahirkan generasi penerus yang saleh dan saleha, seperti berbakti kepada kedua orang tua dan berguna bagi orang-orang di sekitarnya. Berikut doa Siti Maryam saat melahirkan yang dilansir dari NU Online dan sumber lainnya:

2 dari 3 halaman

Doa Siti Maryam saat Melahirkan

007 yoga tri priyanto
© TheRichest.com

Sebelum melahirkan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan bagi ibu hamil. Untuk itu, pastikan Anda sudah belajar terlebih dahulu seperti apa kira-kira proses melahirkan nantinya, baik normal maupun melahirkan dengan operasi caesar.

Dalam Islam, ibu yang hendak melahirkan dianjurkan untuk membaca doa, salah satunya doa Siti Maryam. Berikut doa Siti Maryam saat melahirkan dan artinya:

"Hanna waladat maryam wa maryamu waladat ‘iisaa, ukhruj ayyuhal mauluud, biqudratil malikil ma’buud."

Artinya: Hanna melahirkan Maryam. Maryam melahirkan Isa AS. Keluarlah wahai jabang bayi dengan kekuasaan Maha Raja Yang Maha disembah.

Doa Siti Maryam saat Melahirkan agar Anak Berakhlak Baik

Setiap orang tua tentu menginginkan agar sang anak tumbuh sehat dan berakhlak mulia. Maka dari itu, saat melahirkan, sang ibu dianjurkan untuk membaca doa Siti Maryam agar anak berakhlak baik sebagai berikut:

Wabarran biwaalidaihi walam yakun jabbaaran ashii-yan

“Dan sangat berbakti kepada orang tuanya dan dia bukan orang yang sombong bukan pula orang yang durhaka.” (QS Maryam: 14).

3 dari 3 halaman

Doa Lancar Melahirkan

ilustrasi hamil
©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Subbotina Anna

Selain membaca dan melafalkan doa Siti Maryam saat melahirkan, ibu hamil juga bisa membaca doa lancar melahirkan sebagai berikut:

Allâhumma-ḫfadh waladî mâ dâma fî bathni zaujatî wa-syfihi antasy-syâfi lâ syifâ’an illâ syifâuka syifâ’an lâ yughâdiru saqaman. Allâhumma shawwirhu fî bathni zaujatî shûratan ḫasanatan wa tsabbit qalbahu îmânan bika wa bi rasûlika. Allâhumma akhrijhu mim bathni zaujatî waqta wilâdatihâ sahlan wa taslîman. Allâhumma ij‘alhu shahîhan kâmilan wa ‘âqilan ḫâdziqan ‘âliman ‘âmilan. Allâhumma thawwil ‘umrahu wa shahhih jasadahu wa ḫassin khuluqahu wa afshah lisânahu wa aḫsin shautahu li qirâ-atil hadîtsi wal qur’ânil ‘adhîm bi barakati Muhammadin shallallâhu ‘alaihi wasallam. Walhamdulillâhi Rabbil ‘âlamîn.

Artinya:

"Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku, sehatkan ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tak terganggu penyakit. Ya Allah, bentuk ia yang ada di perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu pada Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat. Ya Allah, jadikan ia utuh, sempurna, berakal, cerdas, berilmu, dan beramal. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca hadis dan Al-Qur’an Yang Agung, dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh keberadaan."

Doa Mendamping Istri Melahirkan

Jelang melahirkan, tidak hanya doa Siti Maryam saat melahirkan saja yang bisa dilafalkan. Selain istri, sang suami juga dianjurkan untuk membaca doa saat menunggu istri melahirkan. Adapun doa ketika mendampingi istri melahirkan adalah sebagai berikut:

La ilaha illallahul ‘adzimul halim. La ilaha illallahu rabbul ‘arsyil ‘adzim. La ilaha illallahu rabbus samawati wal ardli wa rabbul ‘arsyil ‘adzi.

Artinya:

"Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Agung lagi bijaksana. Tiada Tuhan selain Allah Pemilik Arsy Yang Agung. Tiada Tuhan selain Allah Pemilik langit dan bumi dan Arsy yang Agung."

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini