Doa Nabi Yusuf, Lengkap Beserta Arti dan Manfaatnya

Kamis, 15 April 2021 11:01 Reporter : Jevi Nugraha
Doa Nabi Yusuf, Lengkap Beserta Arti dan Manfaatnya ilustrasi berdoa. freepik.com

Merdeka.com - Setiap muslim dianjurkan untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT, baik dalam keadaan susah maupun suka cita. Doa merupakan salah satu bentuk permohonan dan kerendahan hati setiap hamba kepada pencipta-Nya. Bahkan para Nabi pun, senantiasa berdoa kepada Allah SWT dan menjadikan doa sebagai senjata mereka saat keadaan sulit.

Melansir dari NU Online, berdoa merupakan aktivitas yang memiliki nilai ibadah. Dengan berdoa, seorang muslim dapat menaiki tangga menuju kesuksesan dan keselamatan. Anjuran untuk senantiasa berdoa ini sebagaimana yang disebutkan dalam Alquran Surah Al-Mu’min ayat 60, Allah berfirman, artinya:

"Berdoalah kepada-Ku, Aku akan mengabulkannya. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina."

Dalam Alquran, terdapat doa-doa para Nabi yang diabadikan dalam Alquran, salah satunya doa Nabi Yusuf. Ada banyak keistimewaan doa Nabi Yusuf yang bisa diamalkan oleh setiap muslim. Berikut beberapa doa Nabi Yusuf dan keutamaannya yang dilansir dari NU Online:

2 dari 4 halaman

Doa Nabi Yusuf agar Dijauhkan dari Godaan Setan

ilustrasi berdoa
©Pixabay/SuleymanKarakas

Nabi Yusuf adalah salah seorang Nabi yang pernah ditimpa banyak cobaan, salah satunya saat digoda oleh ibu angkatnya. Ketika Nabi Yusuf mendapatkan banyak godaan, beliau berdoa kepada Allah agar dijauhkan dari segala tipu daya tersebut sesuai dalam surat Yusuf ayat 33, seperti berikut:

Qala rabbis-sijnu ahabbu ilayya mimma yad’unani ilaih, wa illa tasrif’anni kaidahunna asbu ilaihinna wa akum minal-jahilin.

Artinya," Wahai Tuhanku! Penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka. Jika tidak Engkau hindarkan dari tipu daya mereka, niscaya aku akan cenderung memenuhi keinginan mereka dan tentu aku termasuk orang yang bodoh."

3 dari 4 halaman

Doa Nabi Yusuf untuk Pengasih

ilustrasi berdoa©Shutterstock

Terdapat doa Nabi Yusuf yang bisa diamalkan sebagai pengasih. Doa ini terdapat di dalam Quran Surat Yusuf ayat 4, seperti berikut:

Iz qala yusufu li abihi ya abati inni ra’aitu ahada ‘asyara kaukabaw wasy-syamsa wal-qamara ra’aituhum li sajidin.

Artinya," (Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, "Wahai ayahku! Sungguh, aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari, dan bulan, kulihat semuanya sujud kepadaku."

Doa Nabi Yusuf Ketika Bercermin

Allahumma kama hassanta khalqi fa hassin khulqi.

Artinya," Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku."

4 dari 4 halaman

Manfaat Doa Nabi Yusuf

ilustrasi berdoafreepik.com

Diberi Kemudahan dalam Menghadapi Ujian

Salah satu manfaat membaca doa Nabi Yusuf yaitu diberi kemudahan dalam menghadapi ujian. Sama seperti nabi Yusuf, setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti akan mendapat ujian dari Allah SWT. Ujian ini digunakan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan seseorang.

Dengan membaca doa nabi Yusuf, setiap muslim akan diberikan kekuatan oleh Allah SWT dalam menghadapi ujian. Tentu saja hal ini harus didampingi dengan usaha dan terus berikhtiar.

Terhindar dari Musibah

Manfaat membaca doa Nabi Yusuf selanjutnya, yaitu terhindar dari musibah. Setiap muslim dianjurkan untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT dalam keadaan suka cita maupun saat mengalami musibah.

Dengan mengamalkan doa Nabi Yusuf dalam situasi apa pun, seorang muslim akan terhindar dari segala musibah. Hal ini sebagaimana yang dilakukan Nabi Yusuf ketika mendapatkan godaan dari seorang wanita. Di mana beliau memohon untuk dijauhkan dari perbuatan dosa dan terhindar dari buruknya hawa nafsu.

Membuat Hubungan Lebih Harmonis

Nabi Yusuf dikisahkan menikahi Zulaikha yang dahulunya selalu menggoda Nabi Yusuf. Berkat kekuasaan Allah SWT, Zulkaiha akhirnya bertaubat dan kembali ke jalan yang benar. Ketika Zulkaiha mendekatkan diri kepada Allah SWT, Zulaikha akhirnya disatukan kembali dengan Nabi Yusuf.

Sudah seharusnya setiap muslim belajar dari kisah Nabi Yusuf dan Zulaikha dengan cara mengamalkan doa Nabi agar dicintai. Dengan begitu, pasangan suami istri bisa menjaga hubungannya dengan harmonis.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini