Didi Kempot Tutup Usia, Siapa Penggantinya?

Selasa, 5 Mei 2020 14:59 Reporter : Denny Marhendri
Didi Kempot Tutup Usia, Siapa Penggantinya? Sumber foto : instagram.com/marhendz

Merdeka.com - Kepergian Didi Kempot yang sangat tiba-tiba ini membuat semua orang bersedih. Musisi yang berasal dari Jawa Tengah ini memang mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap perkembangan musik campursari di daerah asalnya.

Sudah banyak bentuk karya yang diciptakan oleh Didi. Lagu-lagu hitsnya seperti 'Stasiun Balapan', 'Sewu Kutho', 'Cidro' dan masih banyak lagi, menjadi sebuah kenangan yang tidak terlupakan.

Bahkan karya-karyanya tersebut juga menjadi inspirasi beberapa anak muda yang mengikuti jejak Didi dalam menjadi musisi campursari. Ada yang memulainya menjadi penyanyi tunggal dan ada yang berbentuk sebuah band. Siapa saja sosok anak muda yang menjadikan Didi Kempot sebagai inspirasi mereka dalam berkarya?

1 dari 5 halaman

1. Denny Cak Nan

penerus didi kempot

Instagram - Denny Cak Nan

Sejak tahun 2019 lalu nama Denny semakin melambung di panggung musik campursari. Bahkan pria yang mempunyai nama asli Denny Setiawan ini bisa sampai tampil di televisi nasional.

Seperti beberapa waktu lalu, Denny sempat tampil di sebuah ajang pencarian bakat Indonesian Idol. Tidak hanya tampil di Indonesian Idol, Denny juga berkolaborasi dengan finalisnya yang bernama Tiara untuk menyanyikan lagu hitsnya "Kartonyono Medot Janji".

Sampai sekarang tidak hanya lagu "Kartonyono Medot Janji" yang menjadi lagu andalannya. Tetapi lagu "Sugeng Dalu" dan "Sampek Tuwek" juga tak kalah tenar.

Karena Denny sendiri adalah seorang yang berasal dari Jawa Timur, pelafalan bahasa jawa Denny dalam bernyanyi campursari menjadi tidak kaku. Bahkan lirik-lirik bahasa Jawanya tersebut sangat akrab dengan bahasa sehari-hari dan fenomena galau anak muda sekarang.

Apa lagi, lagu "Kartonyono Medot Janji" yang melambungkan namanya tersebut sudah ditonton sebanyak 130 juta lebih di kanal Youtube pribadi Denny. Hal tersebut merupakan pencapaian luar biasa untuk sebuah lagu berbahasa Jawa.

2 dari 5 halaman

2. Dory Harsa

dory harsa

Instagram @doryharsa ©2020 Merdeka.com

Sosok pemuda berbakat ini dikenal sebagai penabuh gendang dari band yang mengiringi Didi Kempot. Dory sudah bergabung dengan orkes pengiring Didi Kempot sejak tahun 2007, saat masih bersekolah.

Sosok Dory tak hanya dikenal sebagai penabuh gendang, tetapi Dony juga mempunyai suara emas yang luwes menyanyikan lagu campursari. Pemuda tampan yang juga memiliki banyak penggemar ini telah mempunyai tiga lagu campur sari berjudul "Kangen Nickerie", "Wis Cukup", dan "My Love".

Darah seni dari Dory ternyata turun dari Ayahnya yang juga penabuh kendang untuk mengiringi Didi Kempot dan ibunya juga seorang penyanyi campur sari. Setelah ayahnya pensiun, Dory yang menggantikan posisinya di orkes Didi Kempot yang bernama "Lare Jawi".

3 dari 5 halaman

3. Guyon Waton

penerus didi kempot

Instagram - Guyon Waton

Walaupun bukan berformat penyanyi solo, grup band berasal dari Kulon Progo, Yogyakarta ini sukses berkarya di lagu pop berbahasa Jawa. Bahkan nama Guyon Waton sendiri sudah merajai panggung-panggung pensi di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.

Dibentuk pada tahun 2015, Guyon Waton adalah band yang beranggotakan pemuda yang sering 'nongkrong' di sebuah pos kamling. Di awal kariernya, Guyon Waton juga sering membawakan ulang lagu-lagu dari Didi Kempot.

Barulah setelah dua tahun dari awal kariernya, Guyon Waton menciptakan lagu-lagunya sendiri yang juga berbahasa jawa. Lagu-lagu Guyon Waton yang banyak dinikmati oleh penggemarnya adalah "Ora Masalah", "Karma", "Penak Konco", "Takkan Kembali", "Lungaku", dan "Korban Janji".

Bahkan lagu-lagu tersebut sudah ditonton puluhan juta kali di kanal Youtube resmi Guyon Waton.

4 dari 5 halaman

4. Hendra Kumbara

penerus didi kempot

Instagram - Hendra Kumbara

Seorang penyanyi campursari yang berasal dari Pati, Jawa Tengah ini juga digadang-gadang sebagai suksesor Didi Kempot. Mengawali karier pada tahun 2015, Hendra telah mempunyai karya andalan berjudul "Dalan Liyane".

Sedangkan, video musik "Dalan Liyane" yang telah diunggah di kanal Youtube pribadinya telah ditonton belasan juta. Bahkan lagu tersebut dibanjiri komentar positf dari pengguna Youtube.

5 dari 5 halaman

5. Ndarboy Genk

penerus didi kempot

Instagram - Ndarboy Genk

Di wilayah Yogyakarta tidak hanya Guyon Waton saja, ada juga Ndarboy Genk. Walaupun kemunculannya bisa dibilang paling baru, Ndarboy Genk bukanlah pelaku musik baru. Ndarboy Genk ini sudah mempunyai lagu-lagu yang diciptakannya sendiri seperti lagunya berjudul "Tibo Mburi", "Aku Sing Nduwe Ati".

Ditambah, lagu mereka yang paling populer adalah "Balungan Kere". Di kanal Youtube resmi mereka lagu tersebut sudah ditonton puluhan juta kali sejak diunggah tahun lalu.

[dem]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini